Advertisement

VIRAL BMKG Sebut Sumber Suara Dentuman Misterius di Langit Jakarta Tadi Pagi dan Tadi Malam

VIRAL BMKG Sebut Sumber Suara Dentuman Misterius di Langit Jakarta Tadi Pagi dan Tadi Malam
Tribunjabar.id
Editor: Malda Berita Viral —Senin, 21 September 2020 08:41 WIB

Terasjabar.id -  Suara dentuman yang sumbernya belum diketahui membuat warga Jakarta dan sekitarnya kaget, semalam.

Tadi pagi, suara dentuman misterius kembali terdengar.

Sejumlah warga menyebut suara dentuman misterius tadi pagi terdengar dua kali. ( suara dentuman misterius di langit Jakarta )

suara dentuman misterius keras terdengar di langit Jakarta pada Minggu (20/9/2020) malam.

Bunyi suara dentuman misterius itu disebut sejumlah warga terdengar dua kali sekitar pukul 19.45 WIB.

Dentuman tersebut menyebabkan benda di sekitar mereka bergetar.

Surti (52), warga Kelurahan Pasar Minggu, Jakarta Selatan mengatakan, dentuman terdengar dua kali dengan jeda waktu yang tidak terlalu lama.

"Kedengaran dua kali suaranya, kencang banget pas saya lagi menonton TV di rumah," ujar Surti.

Menurut Surti, dentuman tersebut terdengar asing karena suaranya tidak seperti suara gemuruh atau petir saat hujan.

Terkini, sejumlah warga di wilayah DKI Jakarta kembali menginformasikan bahwa mereka mendengar dua kali suara dentuman pada Senin (21/9/2020) pagi ini.

Namun belum diketahui secara pasti asal suara dentuman tersebut.

"Senin (21/9) Sejumlah warga kembali menginformasikan bahwa mereka mendengar dua kali suara dentuman pada pagi hari ini. Belum diketahui secara pasti asal suara dentuman tersebut. Adakah yang mendengar ?? #jktinfo," tulis akun twitter #jktinfo pada sekitar 30 menit lalu.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menduga suara dentuman misterius yang terdengar di DKI Jakarta pada Minggu (20/9/2020) malam, akibat petir di Gunung Salak, Jawa Barat.

Ketua Badan Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, hasil monitoring pihaknya tidak mencatat adanya aktivitas gempa ketika warga melaporkan adanya peristiwa tersebut.

"Saat warga melaporkan suara dentuman malam ini, BMKG tidak mencatat adanya aktivitas seismik di Jakarta dan sekitarnya," ujar Daryono dalam keterangannya, Minggu malam.

Namun, hasil monitoring petir yang dilakukan BMKG didapati adanya aktivitas di kawasan Gunung Salak sekitar pukul 19.00 - 21.00 WIB saat sejumlah warga mengaku mendengar suara dentuman.

BMKG menduga bahwa dentuman yang terdengar sebanyak dua kali yang menyebabkan terjadinya getaran itu efek dari aktivitas petir tersebut.

"Suara dentuman malam ini tidak bersumber dari gempa bumi, tetapi ada dugaan bahwa suara tersebut bersumber dari petir," ujar dia.

Daryono mengatakan, pihaknya tidak ingin berspekulasi lebih jauh mengenai sumber suara dentuman yang terdengar di Ibu Kota, khususnya wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Menurut dia, BMKG hanya mengacu pada data hasil pemantauan dari sejumlah alat deteksi yang digunakan dan mencatatkan adanya aktivitas petir saat peristiwa tersebut terjadi.

"Acuan kami adalah data hasil monitoring peralatan kami yang menunjukkan bahwa memang ada beberapa aktivitas petir yang terjadi saat rentang waktu terdengarnya suara dentuman yang dilaporkan oleh warga," kata dia. (Kompas.com/Tria Sutrisna/Tribunjabar.id)


BMKG Dentuman Jakarta


Related Post



Loading...