Sebanyak 6 Tenaga Kesehatan yang Berada di Puskesmas Kaliwungu Terkonfirmasi Positif Covid-19, Pelayanan Puskesmas Harus Ditutup

Sebanyak 6 Tenaga Kesehatan yang Berada di Puskesmas Kaliwungu Terkonfirmasi Positif Covid-19, Pelayanan Puskesmas Harus Ditutup
Ilustrasi (AyoSemarang.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Sabtu, 19 September 2020 09:32 WIB

Terasjabar.id - Sebanyak enam tenaga kesehatan yang berada di Puskesmas Kaliwungu, Kendal, Jawa Tengah terkonfirmasi positif Covid-19. Akibatnya, pelayanan Puskesmas harus ditutup untuk sementara selama tiga hari dari 18 September, hingga 20 September 2020.

"Jadi awalnya dari tenaga administrasi yang positif. Kita tracking kepada 25 orang yang kontak erat langsung, didapat 5 orang positif, totalnya ada 6 orang," kata Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Ferinando Rad Bonay dalam keterangannya, Jumat (18/9).

Dari keterangan petugas Dinkes, satu pegawai administrasi tersebut diduga terpapar saat membantu melakukan tracking kepada warga yang kontak erat dengan pasien positif. Saat ini kondisinya ada yang sudah menjalani perawatan di ruang isolasi rumah sakit darurat covid-19 (RSDC) di Kendal.

"Enam orang terdiri dari perawat, bidan, serta tenaga administrasi. Saat ini mereka sudah ada yang menjalani perawatan rumah sakit, dan ada yang melakukan karantina mandiri di rumah," ujarnya.

Sedangkan untuk mengantisipasi penularan, petugas Dinkes berkoordinasi dengan BPBD setempat sudah melakukan sterilisasi lokasi puskesmas. Dengan ditutupnya pelayanan kesehatan, ia menyarankan warga yang hendak periksa kesehatan ke Puskesmas Brangsong maupun Kaliwungu Selatan.

"Kebetulan saat ini tidak ada pasien yang rawat inap, jadi kita sterilkan dengan penyemprotan disinfektan di lokasi puskesmas," jelasnya.

Terkait klaster penularan pada keluarga juga sudah ada, namun ia belum bisa menjelaskan secara detail. "Kita berharap petugas puskesmas lain meningkatkan kewaspadaan dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap saat bertugas. Minimal APD yang berstandar dalam menjalankan tugas," tutup Ferinando.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Jawa Tengah Puskesmas Kaliwungu Kendal


Loading...