Selama Pandemi Covid-19 Banyak Bantuan yang Sudah Diberikan Kepada Warga, '2.130 Pelaku UMKM di Minahasa Terima Bansos Rp2,4 Juta' Ujar Bupati Royke Roring

Selama Pandemi Covid-19 Banyak Bantuan yang Sudah Diberikan Kepada Warga, '2.130 Pelaku UMKM di Minahasa Terima Bansos Rp2,4 Juta' Ujar Bupati Royke Roring
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 18 September 2020 12:47 WIB

Terasjabar.id  - Sedikitnya 2.130 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menerima insentif bantuan Presiden atau bantuan langsung tunai (BLT) senilai Rp2,4 juta. Penyaluran bantuan akan dilakukan secara bertahap.

"Yang terdata (pelaku UMKM) di Minahasa ada sebanyak 28.263 UMKM. Tetapi yang baru lolos verifikasi 2.130 penerima. Mudah-mudahan yang lain juga masih bisa lolos," ujar Royke di Manado, Kamis (17/8/2020).

Menurutnya, bantuan untuk UMKM ini merupakan program kebijakan Presiden Joko Widodo. Di Minahasa, bantuan tersebut telah diserahkan secara simbolis kepada 50 perwakilan UMKM dari total 2.130 penerima.

Bupati mengatakan, selama pandemi Covid-19 banyak bantuan yang sudah diberikan kepada warga. Baik bantuan dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten hingga tingkat desa.

"Jika dikalkulasi dari semua bantuan itu hampir semua kepala keluarga di Minahasa menerima bantuan pemerintah," kata Roring.

Bagi pelaku UMKM disalurkan Rp2,4 juta langsung di rekening masing-masing. Begitu pun bagi bagi peserta BPJS ketenagakerjaan baik itu honorer guru, THL dan perangkat desa yang iurannya ditanggung pemkab mendapat Rp600.000 selama empat bulan. Selain itu, pekerja keagamaan yang iurannya ditanggung Pemprov Sulut juga meneriman bantuan serupa.

"Makanya puji Tuhan, kita selalu diperhatikan pemerintah pusat dan provinsi. Pemerintah tidak membiarkan rakyatnya yang sedang kesusahan karena pandemi. Pemerintah hadir bersama rakyat," katanya.

Kadiskop dan UMKM Sulut Ronald Sorongan mengatakan,  sampai September 2020 terdapat 168.000 UMKM telah mendaftar dan memasukkan data sebagai penerima insentif. Dana bansos produktif diberikan senilai Rp2,4 juta dan dapat dimanfaatkan untuk menambah modal para pengusaha kecil di tengah pandemi Covid-19

"Dana tersebut untuk tambahan (modal) sehingga usahanya terus berjalan. Kami berharap bansos ini dapat dimanfaatkan dengan baik," kata Sorongan.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona UMKM Provinsi Sulut Kabupaten Minahasa


Loading...