Pemkot Bekasi Kini Sedang Mendata Pasien Positif Isolasi Mandiri di Tempat Tak Memadai, 'Kami Jemput'

Pemkot Bekasi Kini Sedang Mendata Pasien Positif Isolasi Mandiri di Tempat Tak Memadai, 'Kami Jemput'
(Okezone/Wisnu Yusep : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 18 September 2020 11:05 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat kini sedang mendata warga positif covid-19 yang isolasi mandiri di tempat yang tidak memadai. Rencananya, pasien positif covid-19 dengan kriteria tersebut akan dibawa ke fasilitas isolasi di Stadion Patriot Candrabaga.

Hal itu dilakukan Pemkot Bekasi untuk mengantisipasi penularan covid-19 di keluarga dan permukiman. Nantinya pasien yang telah didata akan dijemput menggunakan ambulans yang tersebar di 12 kecamatan dan 56 kelurahan.

"Mulai hari ini atau besok akan kami lakukan penjemputan pasien isolasi mandiri yang masuk kriteria ke Stadion Patriot," ucap Wali Kota Bekasi, Rachmat Effendi di Posko Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 di Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jumat (18/9/2020).

Pria yang akrab disapa Pepen menjelaskan warga yang terkonfirmasi positif covid-19 dan layak dibawa ke Stadion Patriot akan dikabarkan melalui call center. Petugas yang melakukan penjemputan juga akan menjalani tes swab terlebih dahulu.

Pepen mengatakan penjemputan terhadap warga yang isolasi mandiri di tempat tidak layak perlu dilakukan untuk menekan penularan covid-19. Dia menjamin warga yang diisolasi di Stasion Patriot mendapat pelayanan terbaik.

”Kami tetap akan jemput kalau tidak mau, apalagi kalau memang kondisi rumahnya tidak layak untuk melakukan isolasi mandiri. Daripada menular ke keluarga yang lain atau lingkungan lebih baik di Stadion Patriot,” ucapnya.

Dia menjelaskan petugas di Stadion Patrio merupakan pegawai pemerintah baik perawat dari puskesmas maupun RSUD Kota Bekasi. Pemerintah tidak melakukan proses penyeleksian untuk petugas yang menjaga pasien di Stadion Patriot.

Pemkot Bekasi memastikan seluruh fasilitas kesehatan di Stadion Patriot siap melakukan isolasi terhadap warga. Termasuk ruang ICU yang dilengkapi dengan oksigen dan ventilator untuk pasien terkonfirmasi positif covid-19 dengan gejala berat.

”Jangan mengkhawatirkan makanan dan baju kotor, sudah disiapkan semua, kami ada catering dan baju akan di-laundry. Semua fasilitas sudah disipakan, obat-obatan, vitamin juga sudah siap, perawat dan dokter sudah disiapkan," katanya.

Disadur dari iNews.id

Pemkot Bekasi Isolasi Mandiri Pandemi Virus Corona Stadion Patriot Candrabaga


Loading...