Kasus Terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Magelang Bertambah Enam Orang, Lima Orang Diantaranya Perempuan

Kasus Terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Magelang Bertambah Enam Orang, Lima Orang Diantaranya Perempuan
(Dok Dinkes Kab Magelang via iNews.id)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 17 September 2020 11:42 WIB

Terasjabar.id – Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng) bertambah enam orang pada Rabu (16/9/2020). Lima orang di antaranya perempuan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi menyampaikan, tiga orang pasien positif Covid-19 berasal dari Kecamatan Tegalrejo, dua orang dari Kecamatan Mertoyudan dan seorang dari Kecamatan Bandongan. Selain itu juga ada satu pasien positif asal Kecamatan Mertoyudan yang meninggal.
Namun, saat ini ada empat orang yang dinyatakan sembuh. Mereka berasal dari Kecamatan Tempuran, Srumbung, Pakis dan Kajoran.

“Untuk tambahan positif itu, lima di antaranya perempuan. Semuanya terpapar karena kontak erat dengan pasien positif sebelumnya. Untuk yang meninggal, adalah seorang perempuan usia 57 tahun asal (Kecamatan) Mertoyudan,” katanya dilansir website resmi Pemprov Jateng, Kamis (17/9/2020).

Dengan tambahan tersebut, jumlah kumulatif pasien positif di Kabupaten Magelang hingga saat ini tercatat 362 orang. Rinciannya, 15 orang dirawat di rumah sakit, 72 orang menjalani isolasi mandiri, 263 orang sembuh, dan 12 orang meninggal dunia.

Sementara, peta sebaran pasien positif di wilayah ini, lanjut Nanda, saat ini ada 17 dari 21 kecamatan yang warganya telah terpapar Covid-19. Paling banyak di Kecamatan Mertoyudan dengan 24 orang, Kecamatan Windusari 11 orang, disusul Grabag dan Secang masing-masing sembilan orang. Kemudian Kecamatan Borobudur ada tujuh orang.

“Untuk Mungkid dan Tegalrejo, masing-masing ada empat orang. Sedang di Bandongan dan Ngluwar, masing-masing ada tiga orang. Selanjutnya, Kecamatan Salaman, Muntilan, Ngablak, Kaliangkrik dan Candimulyo, masing-masing ada dua orang. Untuk Kecamatan Tempuran, Kaliangkrik dan Srumbung serta Pakis, hanya ada satu pasien,” ujarnya.

Sedang untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), saat ini ada lima tambahan baru. Mereka berasal dari Kecamatan Salaman, Mertoyudan, Borobudur, Tempuran dan Ngablak. Namun demikian, saat ini juga ada tiga PDP yang sembuh. Mereka berasal dari Kecamatan Kajoran, Tempuran dan Candimulyo.

“Dengan tambahan lima baru, tiga sembuh itu, jumlah kumulatif PDP saat ini menjadi 513 orang. Rinciannya, 21 (orang) dirawat dirumah sakit, 432 (orang) sembuh, dan 60 (orang) meninggal,” lanjut Nanda.

Dengan masih adanya jumlah pasien terkonfirmasi positif dan PDP itu, menandakan jika kasus Covid-19 di Kabupaten Magelang masih ada. Dia pun minta kepada masyarakat agar semakin meningkatkan disiplin melaksanakan protokol kesehatan. Di antaranya melakukan pengecekan suhu tubuh, pakai masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, jaga jarak minimal satu meter, dan menghindari kerumunan.

“Hal lainnya, mengkonsumsi makanan bergizi, olahraga yang cukup dan minum vitamin, serta menjaga daya tahan tubuh,” ucapnya.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Kabupaten Magelang Jawa Tengah


Loading...