Labkesda Kota Surabaya Sudah Bisa Difungsikan, Berikut Syaratnya

Labkesda Kota Surabaya Sudah Bisa Difungsikan, Berikut Syaratnya
(ist/iNews.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 17 September 2020 11:39 WIB

Terasjabar.id - Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Surabaya sudah bisa difungsikan. Di tempat ini masyarakat juga bisa melakukan tes swab secara gratis untuk memastikan diri bebas Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Febria Rachmanita mengatakan, layanan tes swab di labkesda ini gratis khusus bagi warga Surabaya. Sebelum pulang ke rumah dan bertemu keluarga, dia bisa langsung datang ke labkesda untuk melakukan tes swab.

"Warga Surabaya yang baru tiba dari luar daerah dia bisa langsung datang ke labkesda, misalnya sopir atau pengusaha yang telah beraktivitas selama tujuh hari di luar kota," kata Febria di Balai Kota Surabaya, Kamis (17/9/2020).

Sementara bagi warga luar daerah, kata Febria, dapat memanfaatkan layanan labkesda itu dengan membayar Rp125.000. Namun, mereka harus melampirkan surat keterangan domisili, tempat dia tinggal di Surabaya beserta tujuannya. "Kemudian kalau hanya menginap di hotel, maka dia harus menunjukkan reservasi menginap di hotel," katanya.

Sebab, setiap ada warga luar daerah yang tinggal di Surabaya akan diawasi oleh RT/RW beserta kelurahan dan kecamatan setempat, meskipun warga luar daerah tersebut berkunjung ke rumah saudaranya. "Kalau tinggal di Surabaya kurang dari tiga hari, maka tidak perlu (tes swab). Karena persyaratannya memang minimal tiga hari," ujarnya.

Febria mengatakan, selain di Labkesda Surabaya, pihaknya setiap hari juga menggelar tes swab massal di tempat lain. Beberapa di antaranya Gelora Pancasila, Gelanggang Remaja beserta lokasi-lokasi lain, terutama di lokasi yang ditemukan adanya kasus Covid-19.

"Di semua rusun akan kita tes swab penghuninya, termasuk di pasar-pasar. Jadi ada yang mobile. Karena kita sudah punya mobile PCR yang bisa melakukan tes swab dan mendatangi warga," katanya.

Febria mengatakan, layanan tes swab ini juga dapat dimanfaatkan warga Surabaya melalui puskesmas terdekat, khususnya bagi mereka yang memiliki suspect dan kotak erat dengan pasien Covid-19. Di sana, petugas puskesmas akan mengambil spesimen pasien untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan di Labkesda Surabaya.

"Kalau jam kerja sebaiknya mendaftar lewat puskesmas. Supaya tidak menumpuk di satu tempat. Apalagi kalau kontak erat, puskesmas juga punya databasenya," tutur Febria.

Febria mengatakan, layanan pemeriksaan tes swab di labkesda ini merupakan bentuk perhatian Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini terhadap kesehatan masyarakat. Sebab, kata Febria, Risma tak ingin ada lonjakan kasus Covid-19 hingga peningkatan kematian.

"Karena ibu wali kota melihat di beberapa daerah masih ada lonjakan kasus. Jadi hasil tracing dari teman-teman puskesmas banyak yang tertular dari saudaranya yang baru datang dari luar kota atau baru pulang dari luar kota," katanya.

Disadur dari iNews.id

Labkesda Kota Surabaya Pandemi Virus Corona Tes Swab


Loading...