Advertisement

Slogan BNN : Generasi Hidup 100% Sadar, Sehat,Produktif, dan Bahagia

Slogan BNN : Generasi Hidup 100% Sadar, Sehat,Produktif, dan Bahagia
Kepala BNNK Kuningan Edy Heryadi, M.Si
Editor: Epenz Teras Kuningan —Kamis, 17 September 2020 10:45 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Indonesia merupakan negara dengan jumlah remaja terbanyak di dunia saat ini. Dengan komposisi jumlah penduduk muda lebih dari 60%, Indonesia menyimpan potensi SDM yang kuat untuk menjadi negara maju. Namun hal itu bisa hanyalah sebuah mimpi jika tidak dipersiapkan lebih dini. Terlebih bila generasi mudanya terjebak oleh narkoba. Oleh sebab itu, perlunya membimbing generasi muda untuk memiliki tujuan, berprestasi, dan terhindar dari pengaruh buruk termasuk narkoba. Salah satu kontribusi BNN untuk mewujudkan generasi emas tersebut salah satunya dengan mencanangkan slogan “Hidup 100% Sadar, Sehat,Produktif, dan Bahagia”.

Demikian dikemukakan Kepala BNNK Kabupaten Kuningan Edy Heryadi, M.Si dalam Press Realase kepada awak media Kamis (17/09-2020).
Seperti apa implementasi slogan tersebut dalam kehidupan rakyat Indonesia terutama generasi muda?
"Hidup 100% di Era New Normal Sadar, Sehat, Produktif, dan Bahagia Tanpa Narkoba" tercetus pada Hari Anti Narkoba Internasional tahun 2020 bulan Juni lalu, ungkapnya.
Secara resmi tagline #hidup100 persen diperkenalkan dan diluncurkan di website Aduannarkoba.bnn.go.id yang disiarkan langsung oleh TV Nasional yaitu Kompas TV. Hidup 100% merupakan wujud citra Badan Narkotika Nasional (BNN) sebagai garda utama dalam pencegahan dan pemberantasan narkoba dengan mengubah pola pikir otoritatif menjadi aspiratif, dari kaku menjadi fleksibel; Sadar akan internal diri dan lebih peka dengan sekitar. Sehat pola makan dan pola hidup yang baik; Produktif dalam segala aktivitas karya dan inovatif ; Hidup 100% untuk mencapai kebahagiaan, ujar Edy Heryadi
Komitmen hidup 100% ini merupakan salah satu aspek penting dalam rangka menekan prevalensi penyalahgunaan narkoba yang masih mengkhawatirkan.

3,4 juta Orang Terjebak Narkoba

Berdasarkan hasil penelitian BNN RI bekerjasama dengan Pusat Penelitian Masyarakat dan Budaya LIPI tahun 2019, tren prevalensi penyalahgunaan narkoba setahun terakhir sebesar 1,80 % atau setara dengan 3,4 juta orang. Dalam rangka melindungi negeri dari serbuan narkoba, BNN sebagai leading sektor dalam upaya penanggulangan narkoba, telah melakukan berbagai terobosan, baik melalui strategi Demand Reduction dengan upaya pencegahan dan Supply Reduction dengan upaya pemberantasan jaringan sindikat narkoba. Selain itu, BNN juga melakukan Strategi Defence Active melalui kerja sama dengan berbagai negara agar narkoba tidak sampai masuk ke Indonesia, paparnya.

Dampak slogan “Hidup 100%” pada generasi milenial dan zoomer cukup signifikan untuk kelangsungan bangsa kedepan. Bagaimana tidak? Hidup 100% memiliki makna yang dalam bahwa hidup tidak sekedar menjauhi narkoba melainkan hidup seutuhnya. Hidup yang memiliki kesadaran, menjaga kesehatan, berorientasi pada produktivitas, dan tentunya bertujuan bahagia. Jika para generasi muda memahami frame berpikir tersebut maka akan membuang pikiran dan kegiatan yang merugikan. Sehingga lebih berupaya pada kebaikan dirinya untuk hari ini dan masa depan. Namun sudah berapa banyak pemuda yang sudah memiliki mindset demikian? Yaitu mindset untuk tetap dan selalu Hidup 100% Sadar, Sehat, Produktif, dan Bahagia tanpa narkoba, pungkasnya. (NK/H WAWAN HERMAWAN JR)

BNN Slogan Narkoba remaja Indonesia Kepala BNNK Kabupaten Kuningan


Related Post



Loading...