Bupati KBB Meminta Warga Tidak Pergi dan Membatasi Aktivitas Ke Daerah Zona Merah Covid-19

Bupati KBB Meminta Warga Tidak Pergi dan Membatasi Aktivitas Ke Daerah Zona Merah Covid-19
(Pikiran Rakyat : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 17 September 2020 10:11 WIB

Terasjabar.id - Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB), Aa Umbara Sutisna meminta warga tidak pergi dan membatasi aktivitas ke daerah zona merah Covid-19. Sebab Kota Cimahi yang berbatasan dengan KBB berstatus zona merah.

"Sebaiknya warga KBB tidak berpergian ke daerah zona merah, kalau tidak perlu-perlu amat hindari saja. Ini sebagai upaya antisipasi penularan Covid-19 sekaligus cara an dalam pencegahan," kata Aa Umbara Sutisna, Rabu (16/9/2020).

Menurutnya, selama masih ada dan dapat dilakukan di KBB sebisa mungkin jangan memaksakan diri bepergian ke daerah zona merah. Kalaupun terpaksa dan sangat mendesak, upayakan menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, hindari kerumunan, jaga jarak dan rajin mencuci tangan ketika selesai beraktivitas.

Pemkab KBB belum menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) untuk memperketat pengawasan mobilitas warga di daerah perbatasan dengan zona merah. Termasuk di tiga kecamatan di KBB yang masuk kategori zona merah yaitu, Kecamatan Padalarang, Ngamprah, dan Batujajar.

"Kita tidak mau langsung menerapkan PSBB/PSBM karena itu terkait dengan kesiapan anggaran yang tidak sedikit. Dulu saja waktu PSBB diterapkan sektor ekonomi masyarakat sangat terdampak," tuturnya.

Dia menilai, kunci dari pencegahan penyebaran Covid-19 ada pada penerapan disiplin protokol kesehatan dari masyarakat. Jika semuanya mau disiplin menerapkan protokol kesehatan, mata rantai penyebaran virus ini dapat dicegah.

Untuk itu, Umbara terus meminta kepada masyarakat dan birokrat di lingkungan Pemda KBB agar tidak kendor dalam menerapkan protokol kesehatan.

"Secara keseluruhan KBB masih zona hijau meski di beberapa kecamatan ada yang zona merah. Itu jadi warning agar waspada, silahkan beraktivitas tapi jangan abai pada protokol kesehatan," katanya.

Disadur dari iNews.id

Bupati KBB Zona Merah Kota Cimahi


Loading...