Kasus Virus Corona di Bali Terus Meningkat, Hotel Berbintang Dua dan Tiga di Bali Akan Dijadikan RS Darurat Penanganan Covid-19 Pasien Tanpa Gejala

Kasus Virus Corona di Bali Terus Meningkat, Hotel Berbintang Dua dan Tiga di Bali Akan Dijadikan RS Darurat Penanganan Covid-19 Pasien Tanpa Gejala
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 17 September 2020 09:58 WIB

Terasjabar.id - Kasus Covid-19 di Bali terus meningkat. Sejumlah hotel berbintang dua dan tiga di Bali akan dijadikan rumah sakit darurat penanganan Covid-19 pasien tanpa gejala.


"Pak Gubernur menyampaikan punya kapasitas hotel yang cukup sebagai antisipasi," kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto di Denpasar, Rabu (16/9/2020).

Airlangga menuturkan, hotel yang akan digunakan sebagai fasilitas perawatan pasien Covid-19 yakni hotel kategori bintang 2 dan 3. Menurutnya hal yang sama juga telah dilakukan di beberapa daerah dengan menjadikan hotel sebagai tempat isolasi pasien Covid-19.


"Seperti di DKI, sebagian Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan sudah lakukan itu," ujarnya.

Terkait rencana tersebut, sejumlah hotel di Bali menyatakan kesediaannya. Sejak terjadi pandemi Covid-19, tingkat hunian hotel di Pulau Dewata merosot.

Dengan menjadikan hotel untuk tempat perawatan pasien Covid-19, diharapkan bisa membantu keterisian kamar di hotel. Di sisi lain hal ini sebagai bentuk kepedulian hotel untuk membantu penanganan Covid-19 di Bali.

"Ini sumbangsih yang bisa dilakukan hotel untuk menangani pandemi ini," kata Ketua Indonesian Hotel General Maneger (IHGMA) Bali, Nyoman Astama.

Dalam sebulan terakhir, kasus Covid-19 di Bali menunjukkan tren peningkatan. Hal itu membuat tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan Covid-19 di Bali nyaris penuh 100 persen.

Di Rumah Sakit PTN Universitas Udayana (Unud) misalnya, jumlah tempat tidur yang terisi mencapai 94 persen.

Jumlah kasus positif di Bali hingga Rabu (16/9/2020) mencapai 7.429 orang. Dari jumlah itu sudah 5.887 yang sembuh dan 188 meninggal dunia. Masih ada 1.354 orang yang menjalani perawatan.


Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Bali Hotel RS Darurat


Loading...