Jangan Panik Jika Anak Terluka, Berikut Sederet Hal yang Perlu Dilakukan Ibu

Jangan Panik Jika Anak Terluka, Berikut Sederet Hal yang Perlu Dilakukan Ibu
Tribunjakarta
Editor: Malda Life Style —Kamis, 17 September 2020 09:00 WIB

Terasjabar.id - Hari pertolongan pertama Sedunia atau World First Aid Day  diperingati setiap hari Sabtu kedua di bulan September dengan tujuan mengkampanyekan pentingnya persiapan dan implementasi pertolongan pertama untuk mengurangi risiko cedera baik di dalam rumah terutama dalam perjalanan.

Menurut ALODOKTER, kotak pertolongan pertama adalah sarana yang harus disediakan di tiap rumah.

Sesuai namanya, tujuan dari pengadaan kotak pertolongan pertama adalah sebagai langkah antisipasi dini untuk menangani cedera atau luka.

Cedera atau luka bisa terjadi secara tiba-tiba dan penanganannya pun harus cepat untuk mencegah komplikasi lebih lanjut. Itulah mengapa kotak pertolongan pertama sangat diperlukan.

Letakkan kotak obat-obatan ini di tempat yang mudah digapai oleh orang dewasa, namun jauh dari jangkauan anak-anak.

Pastikan pula kotak pertolongan pertama terkunci dengan aman dan berada di tempat yang sejuk dan kering. 

Certified Wound Specialist Physician dr. Adisaputra Ramadhinara menuturkan, luka dapat terjadi kepada siapa saja dan kita tidak akan tahu kapan. Bahkan di rumah pun kita masih bisa tetap terluka.

Untuk bisa merawat luka, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memiliki kotak pertolongan pertama dengan isi yang memadai di rumah. 

"Dengan memiliki pengetahuan tentang cara merawat luka yang tepat dan dengan memiliki perlengkapan pertolongan pertama yang memadai, tentu diharapkan penanganan luka yang baik dan tepat bisa dilakukan sedini mungkin,” ujarnya.

Berikut beberapa usulan isi Kotak Perlindungan pertama yang sebaiknya selalu siap sedia di rumah atau saat bepergian keluar rumah:

1.    Masker 
2.    Pembersih tangan (hand sanitizer)
3.    Sarung tangan latex (sekali pakai)
4.    Gunting
5.    Pinset
6.    Termometer 
7.    Obat tetes mata
8.    Obat batuk
9.    Obat-obatan lainnya seperti untuk sakit kepala atau pun flu
10.    Hansaplast Spray Antiseptik 
11.    Plester Hansaplast
12.    Salep Luka Hansaplast
13.    Kasa steril Hansaplast

Adapun Tasya Kamila menjelaskan,  sangat penting untuk merawat luka agar tidak terjadi infeksi dan atau pun menjadi semakin parah. 

"Sekarang, dengan adanya rangkaian produk dari Hansaplast, membersihkan luka jadi #GakPakePerih karena Hansaplast Spray Antiseptik yang mengandung PHMB. Plester Hansaplast juga banyak yang menampilkan karakter-karakter yang disukai Arrasya. Nanti kalau Arrasya sudah lebih besar dan aktif bergerak, pasti aku gunakan rangkaian produk Hansaplast untuk merawat lukanya. Dengan rangkaian produk Hansaplast, merawat luka menjadi one less worry untuk aku,” jelas Tasya Kamila.

Selain memastikan isi Kotak Perlindungan Pertama lengkap, hal-hal berikut juga perlu para moms perhatikan saat terjadinya luka:

  1. Tetap tenang dalam melakukan pertolongan pertama pada diri sendiri dan orang lain.
  2. Jelaskan apa yang moms lakukan pada orang yang teluka, bahwa mungkin menyakitkan tapi mereka akan segera merasa lebih baik.
  3. Hubungi medis jika dirasa perlu, seperti:

·         jika luka dalam dan menyebabkan banyak pendarahan

·         jika luka menunjukkan tanda infeksi seperti nanah dan bengkak

·         jika ada benda asing yang tertanam dalam kasus gigitan hewan atau manusia atau kontak dengan darah hewan

·         jika luka berada di area wajah

Sementara Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI), Sudirman Said, menambahkan, jangan lupakan cara merawat luka yang benar agar luka cepat sembuh dan tidak terinfeksi.

"Kita tidak bisa mencegah terjadinya luka, namun kita dapat selalu siaga dengan memastikan adanya kotak pertolongan pertama dengan isi yang memadai di rumah. Selain itu, jangan lupakan seputar cara perawatan luka yang tepat agar luka bisa cepat sembuh dan tidak terinfeksi" ucap Sudirman.(Tribunjakarta.com)


Luka Anak Jatuh World First Aid Day


Loading...