Ospek Online Unesa Berujung Viral, Kampus Evaluasi Mahasiswa

Ospek Online Unesa Berujung Viral, Kampus Evaluasi Mahasiswa
CNN Indonesia
Editor: Malda Hot News —Selasa, 15 September 2020 13:31 WIB

Terasjabar.id -- 

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengevaluasi dan menyelesaikan kasus masa orientasi atau ospek online mahasiswa baru yang ramai diperdebatkan di media sosial. Ospek Unesa jadi sorotan publik karena diduga mengandung kekerasan verbal dan tersebar di media sosial.

"Saat ini kami bersama pimpinan kemahasiswaan dari Fakultas terkait telah memberikan evaluasi sekaligus bimbingan kepada mahasiswa yang bersangkutan dan seluruh masalah yang ada akan diselesaikan dengan cara kekeluargaan," ungkap Rektor Unesa Nurhasan melalui pernyataan tertulis yang diterima CNNIndonesia.com, Selasa (15/9).

Ia menyebut pihaknya menyayangkan kejadian tersebut terjadi di lingkungan mahasiswa Unesa. Namun ia mengakui bahwa ada kesalahan dalam koordinasi pelaksanaan ospek atau Pengenalan Kehidupan Kampus untuk Mahasiswa Baru (PKKMB) di kampusnya.


Dalam hal ini, katanya, Unesa sesungguhnya mendukung ospek dilakukan untuk menambah pengetahuan mahasiswa baru terkait kehidupan kampus. Juga agar mahasiswa baru cepat beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan budaya perkuliahan.

Namun Nurhasan menegaskan hal ini diharapkan dapat dilakukan tanpa kekerasan dalam bentuk apapun. Sehingga lingkungan institusi pendidikan dapat dipastikan aman dan kondusif.

"Unesa menjadikan ini sebagai catatan evaluasi penting yang diharapkan menjadi masukan untuk perbaikan dalam pengelolaan kegiatan mahasiswa ke depan," lanjut Nurhasan.

Kegiatan ospek Unesa ramai diperbincangkan warga internet di jejaring sosial Twitter, hingga Unesa menjadi trending topic dengan 32,8 ribu cuitan hingga siang ini.

Warga internet ramai membahas Unesa karena video yang ramai tersebar menunjukkan mahasiswa baru dimarah-marahi seniornya dalam kegiatan ospek secara daring. Pada salah satu video, mahasiswa baru dibentak karena tidak memakai ikat pinggang.

(fey/gil/CNN)

Mahasiswa Baru Media Sosial Ospek Viral Surabaya


Loading...