Advertisement

Hampir Semua Orang Suka Makanan ini, Berikut Cara Membuat Ayam Goreng Serundeng Gurih dan Renyah, Cocok Dimakan Dengan Nasi Hangat dan Sambel

Hampir Semua Orang Suka Makanan ini, Berikut Cara Membuat Ayam Goreng Serundeng Gurih dan Renyah, Cocok Dimakan Dengan Nasi Hangat dan Sambel
Ilustrasi (IDN Times Sulsel : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Selasa, 15 September 2020 13:21 WIB

Terasjabar.id - Ayam goreng menjadi salah satu menu paling cepat dan praktis disajikan sehari-hari. Biasanya, daging ayam diolah dengan bumbu goreng, dimasak bakar, gulai, hingga balado.

Kebanyakan orang, daging ayam paling sering dimasak dengan bumbu serundeng. Selain lezat dan gurih, ayam goreng serundeng juga enak disantap dengan nasi putih panas dan sambal bawang.

Ada banyak resep yang bisa digunakan untuk membuat ayam goreng serundeng. Anda bisa memasak ayam goreng serundeng dengan rasa yang gurih dan renyah.

Sebelum digoreng, ayam diungkep dengan bumbu, rempah-rempah, dan kelapa. Kemudian dimasak smalainair menyusut dan baru digoreng.

Tertarik mencicipi ayam goreng serundeng gurih dan renyah? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @deviirwantari, Selasa (15/9/2020).

Bahan:

1 ekor ayam potong 10
1 jeruk nipis
500 ml air kelapa
100 gr kelapa parut
100 gr lengkuas parut
3 daun salam
5 daun jeruk
2 serai geprek
2 sdt garam
1 sdt kaldu jamur

Bumbu Halus:

15 bawang putih
10 bawang merah
5 kemiri
3 cm kunyit
2 sdm ketumbar

Cara Membuat :

1. Cuci bersih ayam lalu tusuk-tusuk dengan garpu, lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan selama 15 menit.
2. Ambil 1/2 bumbu halus dan kelapa, campurkan, lalu remas-remas pada ayam. Diamkan selama 25 menit.
3. Tumis 1/2 bumbu halus sampai wangi, masukan daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas parut. Masukan ayam lalu tambahkan air kelapa, garam dan kaldu jamur, kecilkan api, masak sampai air menyusut.
4. Goreng ayam serundeng dengan minyak panas dan banyak hingga kecoklatan.
5. Ayam goreng serundeng siap disajikan.

Disadur dari iNews.id

Ayam Goreng Serundeng Resep Cara Membuat


Related Post



Loading...