Usai Dokter RS Positif Covid-19, Sebanyak 200 Warga Kota Tasikmalaya Akan di Tes Swab

Usai Dokter RS Positif Covid-19, Sebanyak 200 Warga Kota Tasikmalaya Akan di Tes Swab
Ilustrasi (Katadata : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 13 September 2020 13:11 WIB

Terasjabar.id - Sebanyak 200 warga Kota Tasikmalaya, Jawa Barat akan tes swab usai Dokter di RS Ibu dan Anak, Bunda Aisyah, positif Covid-19. Ratusan warga tersebut masuk daftar tracing atau penelusuran.

Jumlah tersebut berdasarkan data hasil dari Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya yang langsung bergerak cepat melakukan tracing demi memutus mata rantai penyebaran corona.

"Sedikitnya ada sekitar 200 warga hasil tracing yang masuk dalam daftar. Namun yang pernah kontak erat hanya sekitar 27 orang. Jumlah yang 27 orang ini akan segera menjalani swab test untuk mengetahui terpapar tidaknya," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Kota Tasikmalaya, Uus Supangat, Sabtu (12/9/2020).

Uus juga mengatakan, saat ini di RS Bunda Aisyah sedang dilakukan sterilisasi sejak Jumat (11/9) dan diharapkan hari Senin (13/9) besok sudah bisa dibuka kembali.

"Proses sterilisasi di rumah sakit hanya membutuhkan waktu selama tiga hari. Saat sudah dibuka nanti warga tidak usah merasa khawatir lagi untuk datang dan berobat, karena tentu saja jika RS itu sudah dibuka kembali, memang sudah dinyatakan steril lagi," kata Uus.

Sedangkan para petugas medis yang boleh bertugas melayani pasien nanti adalah tenaga medis yang tidak masuk dalam daftar tracing. "Itu berarti petugas medisnya pun benar-benar sehat, sehingga dengan begitu warga juga tidak usah ragu untuk datang dan berobat," kata Uus.

Sejak Jumat (11/9) tiga fasilitas kesehatan (faskes) ditutup sementara, karena ada tenaga kerja kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid-19 di ketiga faskes itu.

Ketiga faskes itu Puskesmas Cihideung di Jalan Paseh, RS Bunda Aisyah serta klinik swasta di Kecamatan Cibeureum.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Tes Swab Kota Tasikmalaya RS Ibu dan Anak


Loading...