Aktivitas Perekonomian di Kota Yogyakarta Mulai Menggeliat di Tengah Pandemi Covid-19, 'Harus Disiplin Protokol Kesehatan'

Aktivitas Perekonomian di Kota Yogyakarta Mulai Menggeliat di Tengah Pandemi Covid-19, 'Harus Disiplin Protokol Kesehatan'
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 13 September 2020 13:06 WIB

Terasjabar.id - Aktivitas perekonomian di Kota Yogyakarta mulai menggeliat setelah hampir enam bulan merosot akibat pandemi Covid-19. Namun belum maskimal lantaran belum merata di seluruh bidang.

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyebut, disiplin menerapkan protokol kesehatan satu-satunya jalan untuk kembali ke kondisi normal.

"Agar perekonomian tetap berjalan dan pencegahan penularan Covid-19 bisa dilakukan maksimal, maka harus menjalankan seluruh protokol kesehatan secara disiplin. Tidak ada cara lain," kata Heroe di Yogyakarta, Minggu (13/9/2020).

Menurut Heroe, berdasarkan survei secara acak yang dilakukan di sejumlah pasar tradisional, omzet pedagang saat ini rata-rata sekitar 50 persen. Bahkan masih ada toko atau kios yang belum mampu mengembalikan omzet mereka seperti saat sebelum terjadi pandemi Covid-19.

"Ada toko yang hanya memperoleh tiga hingga lima konsumen dalam satu pekan. Warung-warung makan pun masih ada yang belum bisa mengembalikan omzet mereka seperti kondisi normal," katanya.

Heroe memperkirakan, geliat ekonomi di Kota Yogyakarta akan kembali pada kondisi normal apabila kegiatan pariwisata dan pendidikan sudah bisa berjalan dengan normal. Sebab dua bidang itu menjadi andalan yang menggerakkan perekonomian ibu kota Provinsi DIY ini.

"Yogyakarta sangat mengandalkan roda perekonomiannya dari pendidikan dan pariwisata. Keberadaan mahasiswa, pelajar, dan wisatawan menjadi pengungkit perekonomian di kota ini," katanya.

Menurut Heroe, Pemkot Yogyakarta tetap akan berupaya untuk menjaga kondisi perekonomian dengan baik sehingga aktivitas perekonomian tetap berjalan.

"Supaya semuanya tetap aman dan nyaman, maka protokol kesehatan itu yang harus dijalankan. Butuh kesadaran semua pihak supaya bisa menjalankan protokol kesehatan dengan sungguh-sungguh," katanya.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Aktivitas Perekonomian Kota Yogyakarta Protokol Kesehatan


Loading...