Lanjutan Liga 1 2020 Akan Kembali Dilanjutkan di Tengah Wabah Virus Corona, Ini Harapan Wasit Thoriq Alkatiri

Lanjutan Liga 1 2020 Akan Kembali Dilanjutkan di Tengah Wabah Virus Corona, Ini Harapan Wasit Thoriq Alkatiri
(Tribun Jabar/Fasko Dehotman : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Minggu, 13 September 2020 10:43 WIB

Terasjabar.id - Kompetisi Liga 1 2020 diputuskan akan kembali dilanjutkan pada 1 Oktober 2020 hingga Februari 2021.

Wasit terbaik asal Indonesia yang juga sudah memiliki lisensi FIFA, Thoriq Alkatiri, berharap, lanjutan Liga 1 2020 bisa berjalan dengan lancar sampai akhir musim.

Sehingga para wasit nasional juga dapat menjalankan tugas sebagaimana mestinya.

"Berhubung saat ini masih di masa pandemi corona, para wasit maupun pemain bola harus tetap jaga kesehatan dan juga mematuhi protokol yang ada. Dengan begitu, kita bisa melanjutkan Liga 1 ini hingga selesai tanpa jeda kembali," ujar Thoriq Alkatiri kepada Tribun, saat ditemui di Kampus FPOK UPI, Jalan Setiabudi, Bandung, Jumat (11/9/2020).

Thoriq menambahkan, meski ia memiliki sedikit waktu terkait urusan persiapan jelang Liga 1 2020, ia tetap optimis bisa memimpin pertandingan dengan baik.

"Saya kira persiapan dua bulan sebelum kompetisi itu sudah cukup. Kalau soal fisik dan adaptasi tidak ada masalah. Apalagi selama jedahnya Liga 1, saya rutin menjalankan program latihan fisik mandiri di rumah," kata Thoriq. 

Tetap Jalan Meski Ada yang Positif

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi, memastikan dalam waktu dekat Liga 1 2020 akan bergulir.

Kompetisi Liga 1 2020 dijadwalkan bergulir lagi pada 1 Oktober 2020 dan berakhir pada 28 Februari 2021.

Segala persiapan terus dimatangkan oleh PSSI serta PT LIB agar pelaksanaan Liga 1 bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Saat ini, yang menjadi sorotan adalah penerapan protokoler kesehatan pada saat bergulirnya kompetisi Liga 1.

Terlebih, disituasi Indonesia sekarang yang masih tinggi dalam penyebaran Covid-19 atau virus corona.

PSSI dan PT LIB memang belum merilis secara resmi bagaimana protokoler serta penanganan andai saja ada pihak-pihak yang terkena Covid-19 di Liga 1.

PSSI dan PT LIB akan mensosialisasikan protokoler kesehatan yang telah dibuat pada saat medical workshop serta manager meeting dengan perwakilan tim-tim Liga 1.

Terbaru, Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, memberikan bocoran kompetisi Liga 1 akan tetap berjalan walau ada pemain atau pihak-pihak yang terlibat di dunia sepak bola terkena Covid-19.

Kabar tersebut disampaikan Akhmad Hadian Lukita pada saat jumpa pers yang dilakukan sebelum bergulirnya Liga 1, pada Jumat (11/9/2020) siang.

Menurut Lukita, pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatunya sedini mungkin dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Tentunya hal tersebut tidak diharapkan. Kita pastinya sudah antispasi sedini mungkin, jika ada yang terpapar seperti apa. Pada saat pertandingan semua sudah layak bermain sehat fisik dan segalanya," kata AKhmad Hadian Lukita, Jumat (11/9/2020).

Lukita menjelaskan, PSSI, PT LIB, dan para sponsor memiliki tekad yang sama yaitu menyelesaikan kompetisi sepak bola LIga 1 2020.

Selain itu, pada saat pemain atau pihak-pihak yang terlibat di sepak bola terkena Covid-19, Lukita memastikan kompetisi Liga 1 akan tetap berjalan.

Paling utama adalah bagaimana cara pencegahan serta penanganannya andai saja ada yang terpapar Covid-19.

"Kita hindari pertandingan terhenti. Namanya risiko jangan sampai terjadi, di Eropa saja jika ada yang kena tapi liganya tetap jalan terus. Penangananya itu yang penting," ucapnya.

Menurut Lukita, dalam perosalan ini PT LIB tidak memiliki wewenang untuk menghentikan setiap penyelenggaraan kompetisi.

Semua keputusan tetap dipegang kendalinya oleh PSSI sebagai induk sepak bola di Tanah Air.

"Kalau yang namanya opsi berhenti itu ada level yang berkompeten dan mempunyai wewenang. Kami akan koordinasi PSSI dan satgas covid kami libatkan dari awal saat medical dan pertandungan. Ada koordinasi seperti itu. Kita PSSI, PT LIB dan sponsor berkomitmen tidak ada penghentian liga," ujar Lukita.

Di sisi lain, Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi memastikan pihaknya sudah membuat buku pedoman yang beracuan terhadap beberapa lembaga yang ada di atasnya.

Untuk itu, PSSI sangat yakin kompetisi Liga 1 bisa berjalan dengan sukses tanpa permasalahan apa pun.

"PSSI dan PT LIB telah memiliki tim, dan protokol kesehatan, bagi kami hampir sempurna karena mengadopsi WHO, Liga Jerman, FIFA, AFC, Kementerian Kesehatan, dan kami jadikan buku pedoman," kata Yunus Nusi.

Pria yang juga menjabat anggota Exco PSSI itu menejaskan, segala peraturan dan antisipasinya sudah tersusun dengan lengkap di buku pedoman yang sudah dibuat PSSI.

"Protokoler juga sudah jelas. Hal-hal apa saja yang diantisipasi PT LIB ketika pertandingan berlangsung ada case. Begitu banyak opsi dan protokol kesehatan dan direkayasa oleh PT LIB, jika 1 klub terpapar, sudah ada aturan di dalamnya," tutup Yunus Nusi.


Disadur dari Tribunjabar.id

Liga 1 2020 Pandemi Virus Corona Wasit Terbaik Lisensi FIFA Thoriq Alkatiri


Loading...