Persib Bandung Protes Soal Transportasi, Inilah Jawaban PT LIB Kenapa Pilih Pakai Bus

Persib Bandung Protes Soal Transportasi, Inilah Jawaban PT LIB Kenapa Pilih Pakai Bus
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Sabtu, 12 September 2020 09:38 WIB

Terasjabar.id - Persib Bandung pernah menyampaikan protes soal transportasi dalam lanjutan Liga 1 2020 yang menggunakan bus. Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita, mengungkapkan alasan pemakaian bus.

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, memang memprotes penggunaan bus sebagai moda transportasi pada lanjutan Liga 1 2020. Menurut sang juru taktik Persib Bandung itu, tim harus memakan waktu hampir 12 jam di perjalanan saat melakoni dua pertandingan tandang.

Menanggapi hal itu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengatakan bahwa memang sejak awal tak sedikit tim merasa keberatan apabila transportasi lanjutan Liga 1 menggunakan bus.

Akhmad Hadian menjelaskan bahwa penggunaan bus sebagai moda transportasi dinilai paling aman dalam meminimalisasi penyebaran Covid-19.

Menggunakan pesawat memang lebih cepat, tapi pemain dan ofisial akan lebih sering bertemu dengan banyak orang dan bisa juga penerbangan ke kota tujuan ditiadakan.

"Memang ada beberapa klub protes terkait perjalanan jauh dengan bus," kata Akhmad Hadian Lukita dalam konferensi pers Liga 1 2020 via Zoom yang turut dihadiri BolaSport.com, Jumat (11/9/2020).

"Bus adalah transportasi darat yang paling memadai dilihat dari protokol kesehatan hingga jadwal. Kalau naik pesawat, bisa saja pesawat tujuan kota tersebut tidak ada penerbangan. Hal ini akan memengaruhi jadwal," ucapnya.

Akhmad Hadian memaklumi keberatan klub karena memang dengan waktu lama dalam perjalanan membuat periode pemulihan fisik pemain menjadi sangat minim.

Setiap klub melakukan laga tandang sebanyak dua kali berturut-turut sehingga Hadian tahu apa yang menjadi kekhawatiran pelatih maupun klub.

"Pasti sekian puluh pertandingan memakan waktu yang panjang dalam perjalanan. Recovery pemain juga harus lebih lama," ujar Hadian.

Tak hanya itu, Hadian mengatakan bahwa sebenarnya PT LIB memiliki rencana untuk bekerja sama dengan maskapai penerbangan.

Namun, ia rasa hal itu tak memungkinkan karena sampai saat ini di beberapa daerah Indonesia masih memberlakukan pembatasan untuk moda transportasi udara.

Meski dirasa berat, PT LIB berharap klub bisa memahami situasi ini dan sebagai operator kompetisi, pihaknya akan menyediakan dua bus untuk klub Liga 1 secara gratis.

"Kami juga melihat potensi untuk bekerja sama dengan maskapai penerbangan. Namun, kami melihat transportasi udara belum stabil. Jadi, transportasi darat adalah yang paling efektif," tuturnya.

Pada lanjutan Liga 1 2020, Persib Bandung memang harus memulai dengan perjalanan yang cukup jauh karena berangkat ke Sidoarjo.

Persib dijadwalkan akan menghadapi Madura United di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Minggu (4/10/2020).

Setelah itu, tim berjulukan Maung Bandung akan melanjutkan perjalanan ke Stadion Maguwoharjo, Sleman, menghadapi Barito Putera, Sabtu (10/10/2020). (bolasports)

(Tribunjabar.id)

Persib Bandung PT LIB Kendaraan Bus


Loading...