Masjid Al'Mutaqqim Awirarangan Raih Juara Lomba Masjid Sehat

Masjid Al'Mutaqqim Awirarangan Raih Juara Lomba Masjid Sehat
Editor: Malda Teras Kuningan —Sabtu, 12 September 2020 09:18 WIB

Terasjabar.id, Kuningan - Peringatan Tahun Baru Islam 1442 H, rangkaian HUT Kemerdekaan RI ke 75 dan Hari Jadi Kuningan ke 522, diwarnai penyerahan penghargaan dan trophy kejuaraan kepada masjid Sehat dan berprestasi di ruang Linggarjati 11/09/2020).

Bupati Kuningan H Acep Purnama mengatakan, lomba masjid ini dalam upaya untuk mendukung dan mendorong terwujudnya visi Kabupaten Kuningan yang "makmur, agamis, dan pinunjul", Pemkab Kuningan bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kuningan melaksanakan program pemberdayaan masjid melalui kegiatan lomba masjid sehat dan berprestasi. Kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama para pengurus DKM dan takmir masjid akan pentingnya menata serta mengelola masjid, baik sarana dan prasarananya maupun tertib administrasin, sehingga terciptanya suasana masjid yang bersih dan sehat, paparnya.

Pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan ini dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada DMI Kab Kuningan. Program pemberdayaan masjid sebagai bentuk keseriusan dan kepedulian pemerintah Kab Kuningan terhadap kemakmuran masjid, dan penyelenggaraan program keagamaan lainnya. Antara lain program pelatihan manajemen masjid. Program tersebut tidak akan berhasil tanpa dukungan seluruh lembaga keagamaan serta seluruh elemen masyarakat. “Harapannya yaitu semoga dengan adanya apresiasi seperti ini dapat memotivasi dalam menata dan mengelola masjid dengan baik”. ungkap H Acep.

Gambar

Sebagai bentuk kepedulian dan apresiasi pemerintah kepada masjid-masjid sehat dan berprestasi, sebagai masjid terbaik, pemerintah kab Kuningan memberikan penghargaan yang dapat dimanfaatkan untuk kemakmuran masjid. Dimulai dengan pemberkasan pada awal Agustus hingga 25 Agustus, lalu mengundang setiap kecamatan untuk mengirimkan 5 masjid untuk mengikuti penilaian. Dari hasil tersebut diambil 5 masjid yang dinilai secara berkas memenuhi persyaratan, termasuk penilaian remaja mesjid dan kegiatan majelis taklim.

Hasil Tim Juri yang diketuai Drs H Ugin Lugina, M.Pd, berdasarkan kriteria meliputi, kepengurusan dan program kemasjida DKM, majlis taklim, remaja masjid, TPA, masjid sehat dan kepeduluan sosial di masa pandemi Covid-19, Tim Juri menetapkan para pemenangnya yaitu, untuk kategori masjid sehat dan berprestasi juara I diraih oleh masjid Al-Muttaqin Kel. Awirarangan, juara II masjid Nurul Huda Des/Kec. Garawangi, juara III masjid Baiturrahim Desa Ciomas, juara IV masjid Daarul Falah Desa Cikaso, dan juara V diraih oleh masjid Al Ikhlas Desa Luragung Tonggoh. Untuk kategori remaja masjid berprestasi juara I remaja masjid Ar Rohman Desa Kasturi, juara II remaja masjid Daaul Muttaqin Desa Danalampah Kec.Pancalang dan juara III remaja masjid At Taqwa Des/Kec Ciawigebang. Untuk kategori majelis ta’lim berprestasi juara I majelis ta’lim Nurul Huda Des/Kel Salajambe, juara II majelis ta’lim Al Barokah Desa Linggasana, juara III majelis ta’lim Al Falah Desa Timbang Kec.Cigandamekar, dan juara IV diraih oleh majelis ta’lim Hidayatul Islam Desa Purwasari Kec.Garawangi.

Gambar

Ketua DMI Drs H Ugin Lugina, M.Pd mengatakan, DMI memiliki program, seperti lomba masjid sehat dan lomba manajemen masjid. Selain itu, sahabat masjid yang merupakan mitra untuk menjadi partner dalam kegiatan memakmurkan masjid. Kegiatan penilaian mesjid ini diagendakan setiap tahun. Dengan tujuan untuk memakmurkan masjid dan fokus pada masjid sehat. Artinya masjid wajib menerapkan protokol kesehatan, tata kelola program kebersihannya terencana, dan berprestasi perihal program keorganisasian, terangnya disela acara.

(H WAWAN JR)

Masjid Juara Lomba Masjid Sehat


Loading...