Ridho : Generasi Muda Tidak Mengenal Budayanya Secara Utuh

Ridho : Generasi Muda Tidak Mengenal Budayanya Secara Utuh
Wabup Kuningan HM Ridho Suganda didampingi Kabid Kebudayaan Muplihudin, M.Pd dan Ketua DKK Dr Uhar Suharfaputra
Editor: Malda Teras Kuningan —Sabtu, 12 September 2020 08:57 WIB

Terasjabar.id, Kuningan - Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, SH., M.Si larut bersama para seniman dan budayawan dalam acara dialog budaya bersama Dewan Kebudayaan Kuningan (DKK) di Gedung Kesenian Raksa Wacana, Jl. Veteran, Jumat (11/9/2020). Acara dihadiri Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Kab.Kuningan, Emup Muplihudin, S.Pd, Anggota Dewan Pakar Kebudayaan, Ketua serta pengurus Dewan Kebudayaan, dan pamong budaya.

Dialog budaya yang merupakan langkah awal DKK ini, berlangsung hangat dan penuh keakraban serta mendapat apresiasi Wabup Kuningan Ridho Sugada. Dia menyampaikan berbagai perkembangan arus informasi dan transformasi budaya menyebabkan banyak dari generasi muda saat ini tidak mengenal budayanya secara utuh. Untuk itu tegas Ridho, kepengurusan Dewan Kebudayaan Kab.Kuningan yang baru, diharapkan mampu mengembalikan semua nilai-nilai budaya dan kesenian khas daerah. Dijelaskannya, bahwa Kabupaten Kuningan yang telah mencanangkan diri sebagai kabupaten wisata perlu ditunjang dengan seni dan budaya. Karena menurutnya, antara pariwisata dan budaya merupakan dua unsur yang tidak dapat dipisahkan. Oleh sebab itu, hal tersebut perlu dikembangkan secara maksimal, imbuh dia

Lebih jauh Ridho berharap, agar Dewan Kebudayaan dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Kuningan, sehingga ada kesinambungan program yang dijalankan.

Gambar

Wabup HM Ridho Suganda didampingi Kabid Kebudayaan Muplihudin dan H Wawan Jr anggota Dewan Pakar DKK Kuningan

Terkait hal ini, Dewan Kebudayaan bisa membuka ruang komunikasi dan koordinasi yang baik dengan pemerintah, agar pemerintah tahu program-program apa saja dan kebutuhan apa saja yang diperlukan, sehingga DKK bisa menghadirkan event-event yang kaya akan seni dan budaya daerah," tuturnya.

Wabup berpesan, agar Dewan Kebudayaan Kabupaten Kuningan dapat menjalankan fungsinya dengan baik dan tetap kompak dalam menjalankan roda organisasi. Hal itu dimaksudkan, untuk dapat membuka dan memperkenalkan jalur-jalur kebudayaan kepada seluruh masyarakat terutama generasi muda agar tertarik dan bangga pada budaya daerahnya sendiri.

“Saya berharap, Dewan Kebudayaan dapat memperkenalkan budaya kita kepada seluruh masyarakat mulai dari usia dini. Untuk itu, setiap kegiatan yang akan dilaksanakan Dewan Kebudayaan harus mengandung nilai-nilai budaya lokal yang didalamnya terkandung manfaat merekatkan semua orang, dan menggugah kecintaan terhadap nilai-nilai luhur daerah”, ujarnya. Ihwal gedung serba guna yang hampir di seluruh desa ada, agar tidak digunakan untuk olahraga saja, tapi manfaatkan juga untuk menyalurkan potensi generasi muda dibidang kesenian. Bwgitu pula para Kepala desa hendaknya bisa menyisihkan anggaran, untuk pembinaan kesenian, minimal 20 %, imbuhnya.

Gambar

Sementara itu, Kabid Kebudayaan Muplihudin. M.Pd mengatakan, pihaknya akan mengindentifikasi seni budaya yang hidup dan berkembang di Kabupaten Kuningan. Bahkan seni budaya Kuningan memiliki potensi lebih bila dibanding kabupaten/kota lainnya. Hal ini sesuai yang diamanatkan Undangundang nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Kami sudah mempersiapkan program kerja dan tentunya dengan penganggaran, jelasnya. (H WAWAN JR)

Kuningan Wabup Generasi Muda


Loading...