Erick Thohir Usul Masyarakat Mampu Bayar Vaksin Corona

Erick Thohir Usul Masyarakat Mampu Bayar Vaksin Corona
CNN Indonesia
Editor: Malda Hot News —Jumat, 11 September 2020 14:46 WIB

Terasjabar.id -- 

Menteri BUMN sekaligus Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) Erick Thohir akan mengusulkan dua model pembiayaan vaksin corona kepada pemerintah dan DPR.

Pertama, vaksin bantuan yang dibiayai pemerintah. Untuk model ini, pendanaan akan diambil pemerintah dari APBN.

Sedangkan obyek atau masyarakat yang akan dibantu adalah peserta BPJS Kesehatan dari kalangan masyarakat miskin yang iurannya dibantu oleh pemerintah.


Erick menghitung ada 93 juta masyarakat miskin yang kemungkinan bisa mendapatkan bantuan ini.

Kedua, vaksin mandiri yang dibiayai sendiri oleh masyarakat. Usulan ini diajukan dengan mempertimbangkan kondisi keuangan negara yang saat ini sudah terkuras habis-habisan untuk menangani virus corona dan dampaknya.

Agar vaksin mandiri ini bisa berjalan, Erick mengatakan sudah berkomunikasi dengan sejumlah pihak, salah satunya kalangan dunia usaha dan juga pegawainya.

"Kami sangat mengharapkan masyarakat yang memiliki uang bisa membantu keuangan negara dengan melakukan vaksinasi mandiri alias tidak gratis," kata Erick dalam orasi ilmiah di Universitas Padjadjaran, Bandung seperti dikutip dari Antara, Jumat (11/9).

Erick mengaku sudah ada beberapa kesanggupan dari beberapa kalangan untuk ikut mendukung vaksin mandiri. Salah satunya dari pegawainya. 


(agt/bir/CNN)

erick Thohir BUMN APBN


Loading...