Pandemi Virus Corona, Akan Memberlakukan PSBB Total, Ketua DPRD DKI Minta Anies Petakan RT Zona Merah

Pandemi Virus Corona, Akan Memberlakukan PSBB Total, Ketua DPRD DKI Minta Anies Petakan RT Zona Merah
(Metro Tempo.co : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 11 September 2020 12:55 WIB

Terasjabar.id - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi meminta Gubernur Anies Baswedan memetakan RT sebagai wilayah mikro berstatus zona merah Covid-19.

"Karena memang wilayah di zona merah ini menjadi bahaya kalau tidak dijaga. Sudah lama Jakarta zona merah. Yang terpenting di sini, PSBB mikro dengan pengawasan di RT RT itu," katanya melalui keterangan tertulis, Jumat (11/9/2020).

Sejalan dengan itu, Prasetyo juga ingin Anies meningkatkan sinegritas antara jajarannya dan TNI-Polri untuk mengawasi zona merah tersebut.

Langkah tersebut, kata dia, paling objektif ketimbang mengeluarkan pernyataan yang berdampak sentimen negatif terhadap perekonomian. 

“Yang perlu dilakukan saat ini memang bekerja, mempererat sinergi dengan TNI-Polri mulai di tingkat kelurahan, dan hati-hati membuat statement yang bisa membuat IHSG anjlok,” terang dia.

Di sisi lain, Prasetyo juga mendorong Pemprov DKI berkoordinasi dengan pimpinan kota-kota penyangga agar penerapan aturan PSBB dapat berjalan maksimal.

"Saya juga berpesan agar Gubernur mulai bersinergi dengan kepala daerah penyangga. Seluruh upaya dan kebijakan aturan dalam PSBB di DKI Jakarta harus juga dilakukan di daerah penyangga, harus linier ini, kalau enggak percuma bos," tandasnya.

Sebagaimana diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menarik rem darurat emergency brake policy), sehingga penerapan PSBB diberlakukan seperti pertama kali diterapkan. Hal itu dilakukan untuk menekan penularan pandemi Covid-19 yang semakin mengganas. 

Anies menjelaskan, mulai Senin 14 September 2020, seluruh kegiatan kembali dikerjakan di rumah. Terkecuali 11 sektor usaha industri seperti yang telah disampaikan pada masa PSBB sebelum transisi.

"Beribadah di rumah, bekerja di rumah dan berkegiatan di rumah," ucapnya.

Disadur dari Okezone.com 

Pandemi Virus Corona Ketua DPRD DKI Jakarta PSBB Total Zona Merah


Loading...