VIRAL Video Peserta Bercadar Dilarang Tampil di MTQ Ke-37 Provinsi Sumatera Utara, Memilih Meninggalkan Panggung dan Mengundurkan Diri

VIRAL Video Peserta Bercadar Dilarang Tampil di MTQ Ke-37 Provinsi Sumatera Utara, Memilih Meninggalkan Panggung dan Mengundurkan Diri
(iNews/Abdullah Sani Hasibuan : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 9 September 2020 14:02 WIB

Terasjabar.id - Rekaman video peserta bercadar dilarang tampil di Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-37 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) viral di media sosial. Peserta ini diketahui mengikuti lomba cabang tafsir dan merupakan perwakilan dari Labuhanbatu Utara (Labura).

Dalam tayangan video pendek, tampak Dewan Hakim meminta peserta untuk melepas cadar yang dia kenakan. Peserta sempat berargumen hingga akhirnya memilih meninggalkan panggung dan mengundurkan diri.

Menanggapi video viral tersebut, Ketua Dewan Hakim MTQ ke-37 Sumut H Yusup Rekso mengatakan, tidak benar ada larangan penggunaan cadar. Namun yang memakai cadar harus siap diperiksa saat akan tampil.

Pemeriksaan dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena tahun sebelumnya ada yang menyalahgunaan penggunaan cadar.

"Untuk kasus yang gagal tampil, sudah diberi kesempatan dan dicabut diskualifikasinya. Namun dia tetap menolak untuk tampil," ujarnya, Rabu (9/9/2020).

Menurutnya, aturan ini sudah diberlakukan secara nasional sejak penyelenggaran MTQ tahun sebelumnya.

"Sesungguhnya yang bersangkutan, memakai cadar harus rela dan ikhlas dia ketika diminta Dewan Hakim melepas cadar. Demikian ketika yang terjadi kemarin itu, yang bersangkutan tak bersedia dan itu harus didiskualifikasi. Dia (peserta) mengundurkan diri," katanya.

Sesuai agenda, MTQ ke-37 tingkat provinsi ini akan ditutup pada Jumat (11/9/2020) mendatang. Penutupan akan dihadiri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi.

Disadur dari iNews.id

Peserta Bercadar MTQ Provinsi Sumatera Utara Viral di Media Sosial


Loading...