Wilayah Melonguane Sulawesi Utara Diguncang Gempa Tektonik Berkekuatan 5,5 BMKG Jelaskan Penyebabnya

Wilayah Melonguane Sulawesi Utara Diguncang Gempa Tektonik Berkekuatan 5,5 BMKG Jelaskan Penyebabnya
Ilustrasi (Pojoksatu.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 9 September 2020 12:13 WIB

Terasjabar.id - Wilayah Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut), diguncang gempa bumi tektonik, Rabu (9/9/2020) pukul 10.41 WIB. Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan Magnitudo M5,5 dari sebelumnya M5,4.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4,06 Lintang Utara (LU) dan 126,75 Bujur Timur (BT). Gempa bumi tepatnya berlokasi di darat, pada jarak 8 kilometer (km) dari arah Timur Laut Kota Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud, pada kedalaman 57 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Laut Maluku. "Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault," kata Rahmat Triyono dalam siaran pers.

Rahmat mengatakan, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Melonguane dalam skala intensitas III-IV MMI. Ini artinya, bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. "Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Rahmat.

Hingga Rabu, pukul 11.10 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

BMKG merekomendasikan kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Masyarakat diminta agar menghindar dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa. Pastikan tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke rumah," katanya.

Disadur dari iNews.id

Gempa Bumi Wilayah Melonguane Sulawesi Utara Bermagnitudo 5 5


Loading...