Berikut Beberapa Manfaat Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Berikut Beberapa Manfaat  Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit
Ilustrasi (Hello Sehat : Google)
Editor: Epenz Teras Health —Selasa, 8 September 2020 12:33 WIB

Terasjabar.id - Kecantikan kulit tidak hanya didapatkan dari produk-produk skincare, tetapi juga dari dalam, yaitu lewat makanan-makanan yang Anda konsumsi. Pasalnya, beberapa makanan dipercaya bisa membuat kulit Anda sehat dan cantik.

Salah satu makanan alami yang bermanfaat untuk kulit adalah alpukat. Buah satu ini mengandung sumber vitamin E dan C yang sangat baik untuk tubuh Anda. Tak hanya pada kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga pada kulit.

Apa saja sih manfaat alpukat pada kulit? Simak daftarnya seperti dirangkum dari Healthline, Selasa (8/9/2020).

Mencegah kulit kering

Alpukat adalah sumber biotin yang bagus. Ini merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang dapat membantu mencegah kulit kering saat dioleskan. Sehingga, buah ini bagus untuk mencegah kulit kering, baik pada rambut maupun kuku.

Meredakan jerawat

Jika Anda memiliki kulit yang rentan berjerawat, cobalah minyak alpukat yang dapat membantu mengurangi munculnya jerawat. Ini karena sifat antimikroba pada minyak alpukat. Biasanya, minyak alpukat digunakan sebagai pembersih.

Meningkatkan elastisitas kulit

Sebuah studi tahun 2010 terhadap lebih dari 700 wanita melihat hubungan antara kondisi kulit dan asupan lemak dan zat gizi mikro antioksidan.

Para peneliti menyimpulkan, asupan lemak yang tinggi, terutama lemak tak jenuh tunggal yang sehat, seperti lemak yang ditemukan pada alpukat, dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi munculnya kerutan.

Mencegah kerusakan kulit

Penelitian dari 2011 menunjukkan, alpukat mengandung senyawa yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan peradangan. Kerusakan ultraviolet (UV) pada kulit, dapat menyebabkan keriput, tanda-tanda penuaan dini, hingga kanker kulit.

Selain itu, penelitian telah menunjukkan, kandungan vitamin C dan vitamin E yang ditemukan dalam alpukat, memainkan peran penting dalam membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh matahari dan faktor lingkungan.

Disadur dari iNews.id

Alpukat Manfaat Kesehatan Kecantikan Kulit


Loading...