Puluhan Pegawai Positif Covid, KPK Gelar Swab Tes Lanjutan

Puluhan Pegawai Positif Covid, KPK Gelar Swab Tes Lanjutan
CNN Indonesia
Editor: Malda Hot News —Senin, 7 September 2020 10:11 WIB

Terasjabar.id -- 

Sebanyak total 44 orang yang terdiri dari unsur pegawai dan nonpegawai serta tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Dari jumlah tersebut, 19 orang dinyatakan telah sembuh.

Data itu berdasarkan hasil Tes Swab RT-PCR (Reverse-Transcriptase Polymerase Chain Reaction) di lingkungan lembaga antirasuah yang dilakukan pada bulan Juli hingga Agustus tahun ini.

"Saat ini diperoleh informasi sebagai berikut: Positif 44 orang dan sembuh 19 orang," ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri, kepada wartawan dalam keterangan tertulis, Senin (7/9).


Dari 25 orang yang masih positif, 22 di antaranya sedang menjalani isolasi mandiri. Sedangkan 1 pegawai KPK menjalani perawatan di ICU RS Polri Kramat Jati, serta 2 tahanan masing-masing menjalani isolasi mandiri di Rutan KPK Kavling C1 dan dirawat di RS Polri.

Guna mencegah dan memutus rantai penularan virus, Ali mengatakan insan KPK bakal kembali menjalani tes swab selama empat hari terhitung sejak hari ini. Ada pun pelaksanaannya bertempat di Aula Gedung Juang Lantai 3 dan halaman lobi belakang Gedung KPK.

"Bagi pegawai yang selesai melakukan tes Swab RT-PCR wajib melakukan BDR [Bekerja dari Rumah] hingga hasil tes diumumkan," ucap dia.

Sejumlah langkah mitigasi juga telah diambil KPK untuk mencegah penularan virus semakin meluas. Di antaranya seperti penyemprotan disinfektan di area gedung dan ruangan kerja; serta melakukan sejumlah rapid dan swab tes yang diiringi dengan proses lanjutan bagi pegawai yang terdeteksi positif, mulai dari pengaturan kapasitas jumlah pegawai dan jam kerja yang bekerja di kantor dan isolasi mandiri.

"Hingga memperketat penerapan protokol kesehatan di lingkungan KPK," tambah Ali.

Sebelumnya kantor KPK yang berada di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, sempat ditutup selama tiga hari menindaklanjuti temuan beberapa pegawai yang terinfeksi virus corona. Namun, saat ini lembaga antirasuah tersebut telah menerapkan sistem bekerja di kantor dengan kapasitas pegawai 50 persen.

Salah satu pegawai KPK yang mengonfirmasi terinfeksi virus corona adalah penyidik senior Novel Baswedan. Novel menerangkan dirinya dalam keadaan baik dan sedang menjalani isolasi di rumah.

(ryn/wis/CNN)

Virus Corona KPK Pegawai Tes Swab


Loading...