Gempa Bumi Berkekuatan M5,3 Mengguncang Kepulauan Tanimbar Maluku, 'Tidak Berpotensi Tsunami'

Gempa Bumi Berkekuatan M5,3 Mengguncang Kepulauan Tanimbar Maluku, 'Tidak Berpotensi Tsunami'
(Twitter BMKG Via iNews.id))
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 4 September 2020 13:35 WIB

terasjabar.id  Gempa bumi tektonik dengan magnitudo M5,3 mengguncang Saumlakki, Kepulauan Tanimbar, Maluku pada Jumat (4/9/2020) pukul 12.00 WIB. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menginformasikan gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Menurut info dari akun Twitter resmi BMKG @infoBMKG, pusat gempa berada di laut, sekitar 250 kilometer Timur Laut Maluku Barat Daya. Kedalaman pusat gempa ada di 233 km.

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,46 Lintang Selatan (LS) dan 129,23 Bujur Timur (BT). Gempa bumi ini dirasakan MMI II di Saumlakki, yang artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini termasuk jenis menengah. Getaran diakibatkan adanya aktivitas subduksi laut banda.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik dengan kombinasi geser (oblique thrust fault),” katanya, Jumat (4/9/2020).

Meski demikian, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil monitoring BMKG juga belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Dia mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu, warga diminta menghindari bangunan yang retak atau rusak akibatk gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa. Patikan tidak ada kerusakan akibat getaran yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” katanya.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Kepulauan Tanimbar Maluku Bermagnitudo M5 3 BMKG


Loading...