GTP Covid-19 Yogyakarta Menggencarkan Kampanye Penerapan Protokol Kesehatan, 'Penularan Covid-19 di Tempat Kerja dan Keluarga Cukup Banyak Terjadi'

GTP Covid-19 Yogyakarta Menggencarkan Kampanye Penerapan Protokol Kesehatan, 'Penularan Covid-19 di Tempat Kerja dan Keluarga Cukup Banyak Terjadi'
(Dok Humas Pemkot Jogja Via iNews.id)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 1 September 2020 10:36 WIB

Terasjabar.id - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta menggencarkan kampanye penerapan protokol kesehatan kepada seluruh masyarakat, termasuk penggunaan masker dalam aktivitas sehari-hari. Apalagi, kasus penularan di tempat kerja dan keluarga cukup banyak terjadi di Kota Yogyakarta.

“Dalam satu bulan ini, jumlah pasien positif tanpa gejala selalu lebih banyak dibanding pasien yang menunjukkan gejala sehingga harus menjalani perawatan di rumah sakit,” kata Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi, Selasa (1/9/2020).

Dengan kondisi tersebut, katanya, masyarakat harus selalu waspada dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin. Heroe menambahkan, bisa saja orang di sekeliling kita tidak menunjukkan gejala sakit apapun. Tetapi dia terpapar Covid-19 sehingga menularkan di tempat kerja bahkan di rumah.

“Kasus penularan di tempat kerja dan keluarga juga cukup banyak terjadi di Kota Yogyakarta. Biasanya, hal ini terjadi karena ada warga yang sebenarnya terinfeksi virus tetapi tidak menunjukkan gejala apapun,” ucapnya.

Dia mencontohkan sejumlah kasus penularan Covid-19 yang terjadi di keluarga, yaitu di Kecamatan Kraton terdapat tujuh orang dalam satu keluarga yang terinfeksi virus corona. Kemudian di Mergangsan terdapat dua keluarga dengan masing-masing empat anggota keluarga juga terinfeksi virus.

Oleh karena itu, lanjut Heroe, penerapan protokol kesehatan, terutama penggunaan masker dengan benar, menjadi penting dilakukan oleh siapapun. Saat ini, terdapat 38 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan 33 di antaranya pasien tanpa gejala yang kemudian melakukan isolasi mandiri. Sisanya membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Disadur dari iNews.id

GTP Covid-19 Yogyakarta Pandemi Virus Corona Kampanye Protokol Kesehatan


Loading...