27 Kabupaten/Kota Menerima Bantuan Alat PCR Dari Gubernur Jabar

27 Kabupaten/Kota Menerima Bantuan Alat PCR Dari Gubernur Jabar
Pemerintah Provinsi Jabar memberikan bantuan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) portable kepada 27 Kabupaten/Kota termasuk Kabupaten Kuningan
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 1 September 2020 09:18 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Naik turunnya angka positif Covid-19 di Jawa Barat pekan ini, Pemerintah Provinsi Jabar berinovasi dan melakukan langkah strategis penanggulangan dengan memberikan bantuan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) portable kepada 27 Kabupaten/Kota termasuk Kabupaten Kuningan, yang berfungsi untuk tracing, testing dan treatment. Hal itu, disampaikan Gubernur HM Ridwan Kamil, saat menyerahkan bantuan alat PCR Portable secara simbolis kepada Pemerintah Kota Cirebon, melalui tayangan virtual/Video Conference, Minggu (30/8/2020).

Pemkab Kuningan, menggelar Video Conference tersebut di Ruang Rapat Linggajati Setda Kuningan, dihadiri Wabup, H.M Ridho Suganda, Sekda Dr. H. Dian R Yanuari, Kadis Kesehatan, dr. Hj. Susi Lusiyanti, MM serta Plt Dinas Komunikasi dan Informatika Kuningan.

Pembagian PCR portable tersebut, kata Gubernur RK. menjadi bagian upaya memenuhi target pengetesan 1/1000 orang atau 50.000/minggu hingga memenuhi pengetesan 1 persen dari populasi, sebagaimana standar WHO (World Health Organization) terbaru.

“Sekarang standar WHO nya sudah naik yaitu 1 persen dari jumlah populasi melalui PCR. Dulu kan kita teorinya 0,6 persen tes apa saja, gabungan Rapid Test dan PCR, itu sudah kita lalaui karena total sudah 500.000, tapi sekarang 500.000 nya se-Jawa Barat itu harus PCR,” papar Gubernur.

Ridwan Kamil meminta kepada Bupati dan Walikota yang wilayahnya memiliki industri, untuk fokus melakukan pengetasan kepada sektor industri. Karena dikatakannya, industri saat ini menjadi harapan dalam pemulihan ekonomi nasional. “Kan bahaya kalau kita sedang memulihkan tiba-tiba si mesinnya (red_pelaku industri) terkena virus,mesin ekonominya,” ujarnya.

Dengan diberikannya bantuan alat PCR portable, Ridwan Kamil menegaskan, agar Kabupaten/Kota di Jawa Barat dapat menaikan test Swab kepada masing-masing warganya. Dengan PCR portable, sambungnya, seluruh masyarakat termasuk yang berada di daerah pelosok dapat dijangkau untuk dilakukan test, karena bentuk alatnya yang dirancang mudah dibawa kemana-mana, terang Kang Emil.

“Mereka yang terpapar Covid ini bukan hanya warga di perkotaan yang mudah datang dan pergi ketempat pengetesan, tapi kita paham di kabupaten/kota ini banyak daerah yang jauh terpencil. Oleh karena itu kita bergerak, Pemerintah Provinsi Jawa Barat membeli sebanyak 29 alat PCR, dibagikan kepada 27 Kota/Kabupaten dan untuk keperluan provinsi 2 PCR yaitu kita sebut alat PCR portable. Ini bisa dibawa-bawa ke tempat-tempat terpencil,” Jelasnya.

Gubernur berharap dengan bantuan alat PCR portable seharga hampir Rp 1 Milyar/unit itu, seluruh Kabupaten/Kota dapat memaksimalkan penggunaannya.”Saya tidak mendengar provinsi lain melakukan hal yang sama, tapi mudah-mudahan Jawa Barat selalu terdepan dalam inovasi,” ujarnya.

(H WAWAN HR)

Pandemi Virus Corona Alat PCR Gubernur Jabar Pemkab Kuningan


Loading...