OW Pasir Batang Miliki Daya Tarik Bagi Wisatawan

OW Pasir Batang Miliki Daya Tarik Bagi Wisatawan
lokasi Obyek Wisata (OW) Pasir Batang Desa Karangsari Kecamatan Darma
Editor: Epenz Hot News —Senin, 31 Agustus 2020 12:06 WIB

Terasjabar.id - Bukit Pasir Batang Desa Karangsari memiliki keindahan yag luar biasa. selain dapat melihat view diantaranya waduk darma, Majelengka, Cirebon bahkan bisa melihat view Gunung Slamet di Jawa Tengah. Hal ini disampaikan Ketua Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Desa Karangsari Aen, S Pd saat ekspose dihadapan Bupati Kuningan H Acep Purnama didampingi Kadis Porapar Dr Toto Toharudin,M.Si, BTNGC dan rombongan di lokasi Obyek Wisata (OW) Pasir Batang Desa Karangsari Kecamatan Darma Minggu (30/08-2020).

Aen. S.Pd menuturkan, lokasi OW Pasir Batang kaya akan flora dan fauna. Jalan menuju obyek wisata Pasir Batang ini juga menghubungkan jalan tembus ke arah palutungan. Tak jauh dari lokasi itu sekitar 200 meter sedang dibuat jalur untuk sepeda gunung. Disini juga dikenal sebagai wisata argo seperti jagung, sayuran juga kopi, terdapat 3 jenis kopi yang menjadi kopi khas Desa Karangsari diantaranya arabika, robuska dan liberika.

Kopi ini dikelola oleh petani serta KOMPEPAR yang bekerja sama dengan koprasi desa, namun pengelolaan kopi tersebut masih menggunakan alat seadanya. Beliau berharap pada pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan dan memeperhatikan produksi kopi ini. wisata ini juga pernah dipakai praktek oleh IPB,UNIKU,UNPAD dan Trisakti hanya saja untuk menuju lokasi ini tidak ada penunjuk arah atau rambu-rambu menuju Pasir Batang sehingga menyulitkan wisata.

Terpisah, Kades Karangsari Supena mengatakan, OW Pasir batang ini menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa tidak kalah dengan beberapa obyek wisata di Kuningan seperti Palutungan. Bagi wisatawan yang penasarab datang saja kesini.

Desa ini memiliki pitensi wisata argo karena 90-95 % penduduk Desa Karangsari bermata pencaharian sebagai petani. Semoga desa ini dapat menjadi contoh bagi desa lainnya sebagai desa pertanian.

(Dari ketinggian Bukit Pasir Batang bisa melihat view Waduk Darma, Majalengka. Cirebon dan view Gn Slamet Jawa Tegah)

Sementara itu, BupatiH Acep Purnama mengatakan, pengelolaan suatu kawasan di satu daerah menjadi kewajiban bersama. Beberapa potensi sumber daya alam dapat menjadi manfaat bagi masyarakat sekitar. Dalam mengembangkan OW ini saya akan mengajak Dinas terkait untuk menindaklanjuti pengelolaan Wisata Desa Karangsari, ujar Acep. Obyek wisata Pasir Batang memiliki potensi daya tarik wisatawan. Untuk percepatan pengembangan agar nemfungsikan lembaga-lembaga yang sudah ada, sebagai bentuk kerja sama untuk potensi wisata Desa Karangsari, harapnya. (H WAWAN JR)

Obyek Wisata Pasir Batang Wisatawan Desa Karangsari


Loading...