Tak Ditemukan Setelah melakukan Pencarian Selama 7 Hari, Pencarian Wisatawan Hilang di Danau Toba Dihentikan

Tak Ditemukan Setelah melakukan Pencarian Selama 7 Hari, Pencarian Wisatawan Hilang di Danau Toba Dihentikan
(ist/iNews.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 31 Agustus 2020 11:03 WIB

Terasjabar.id - Badan SAR Nasional (Basarnas) Medan menghentikan pencarian terhadap seorang wisatawan yang tenggelam di Pantai Sukacita, Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Petugas sebelumnya telah mencari korban Imran Butar-butar selama tujuh hari.

Humas SAR Medan, Sariman mengatakan tim SAR gabungan yang terdiri atas Basarnas Medan, Dit Samapta Polda Sumut, TNI, dan BPBD Kabupaten Karo telah berupaya maksimal mencari korban.

"Tim sudah bekerja semaksimal mungkin dalam proses pencarian Imran Butar-butar yang hanyut pada Minggu sore lalu," kata Sariman, Senin (31/8/2020).

Sariman mengatakan dalam pencarian korban, petugas melakukan secara maksimal termasuk dengan melakukan penyelaman di kawasan korban dinyatakan hilang.

"Kami menerjunkan tiga orang penyelam untuk mencari korban," ucapnya.

Dia mengaku, penyelaman dilakukan setiap hari sebanyak tiga kali. Penyelaman dilakukan hingga kedalaman 26 meter dan dibantu menggunakan kamera bawah air (Vibrascope) milik Dit Samapta Polda Sumut, namun korban tidak ditemukan.

"Banyaknya palung (lobang dalam danau) dan kedalaman Danau Toba yang sulit diprediksi menjadi suatu kendala yang menghambat tim di lapangan,"ujarnya.

Sedangkan personel lainnya dibantu tim SAR gabungan menggunakan perahu LCR menyisir perairan Danau Toba mulai dari lokasi korban tenggelam hingga mengarah ke Timur yaitu Desa Sibolangit dan arah Barat yaitu Desa Tongging.

"Tapi setelah tujuh hari, diputuskan pencarian dihentikan. Kemudian telah dilakukan koordinasi dengan keluarga, dan keluarga juga telah mengikhlaskan korban," ucapnya.

Seperti diketahui awal mula kejadian tenggelamnya korban, ketika Imran Butarbutar bersama lima orang rekannya datang berkunjung ke lokasi wisata Pantai Sukacita. Setibanya di lokasi, korban bersama seorang rekannya, Joni Sinaga mencoba unjuk kemampuan berenang dengan berlomba berenang ke danau dengan jarak 10 meter dari bibir pantai.

Akan tetapi, saat mereka mencoba kembali ke bibir pantai, korban diduga kehabisan tenaga dan kehilangan kendali. Imran juga saat itu sempat minta tolong kepada rekan-rekannya, namun saat hendak ditolong korban yang sudah tidak kuat pun tenggelam ke dalam danau.

Disadur dari iNews.id

Basarnas medan Wisatawan Tenggelam Pantai Sukacita Kabupaten Karo


Loading...