Ratusan Pemuda Antusias Ikuti Diklat Pemberdayaan Lingkungan Hidup dari Kemenpora

Ratusan Pemuda Antusias Ikuti Diklat Pemberdayaan Lingkungan Hidup dari Kemenpora
Tribunjakarta
Editor: Malda Hot News —Senin, 31 Agustus 2020 10:31 WIB

Terasjabar.id - Kemenpora menyelenggarakan kegiatan Diklat Pemberdayaan Pemuda Bidang Lingkungan Hidup Pemuda selama tiga hari, pada Rabu (26/8/2020) sampai Jumat (28/8/2020) lalu.

Kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 975 orang, terdiri dari unsur pelajar, mahasiswa dan organisasi kepemudaan yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia.

Pembicara dalam kegiatan ini yaitu Faisal Abdullah (Deputi Pemberdayaan Pemuda), Jo Kumala Dewi (Direktur Kemitraan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI), Dr. Zulhamsyah Imran (Deputi Direktur Seameo Biotrop), dan Kristi Helena R Tanjung (Communication Manajer Divers Clean Action).

Ada juga Gracia Paramitha (Founder Indonesian Youth Diplomacy), Muharram Atha Rasyadi (Juru Kampanye Urban Greenpeace Indonesia), Sigit Kusumawijaya (Co-Initiator Indonesia Berkebun), Novizar Hartady (Founder Gerakan Senyum Kapuas), dan Andi Hakim (Founder dan Ketua Jejak Seribu).

Deputi Pemberdayaan Pemuda, Faisal Abdullah mengatakan, kegiatan ini sangat positif untuk memberikan edukasi bagi para pemuda terkait permasalahan lingkungan hidup dan bagaimana cara mengatasinya.

“Manusia hidup di dunia ini sangat tergantung dengan lingkungan karena mereka tidak bisa dipisahkan dan saling berhubungan satu sama lain," kata Faisal Abdullah dalam pernyataan resminya dari Kemenpora, Senin (31/8/2020).

Menurtnya, dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa membuat para pemuda semakin sadar dan peduli terhadap lingkungan.

"Keberlangsungan negeri kita kedepan akan terus berlanjut, dengan demikian semestinya permasalahan berkenaan dengan lingkungan dapat menyadarkan dan meningkatkan kepedulian kita untuk lebih bisa menjaga lingkungan dengan peduli, menjaga dan menyayanginya," sambungnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPPON), Tri Winarno menyampaikan, kegiatan ini mendapatkan respon baik dan antusias bagus dari masyarakat.

"Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas dukungan dan support semuanya, dan telah memberikan sharing knowledge yang bermanfaat bagi para peserta, dan berdasarkan hasil live chat dari awal sampai akhir acara ini mendapatkan atensi dan apresiasi peserta yang sangat besar," ujar Tri Winarno.

Seperti diketahui, dasar dari pelaksanaan kegiatan Diklat Pemberdayaan Pemuda Bidang Lingkungan Hidup ini adalah UU nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan.

PP-PON mempunyai tugas melaksanakan pendidikan dan pelatihan di bidang kepemudaan dan keolahragaan secara nasional.

Kegiatan ini bisa berlangsung karena menjadi salah satu program prioritas Kemenpora pada tahun 2020 - 2024.

Program prioritas Kemenpora itu adalah pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri dan berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan.

Dalam kegiatan ini, ada beberapa poin utama yang disampaikan kepada para peserta diklat lingkungan hidup pemuda.

Kegiatan ini bermaksud menyiapkan pemuda yang memiliki wawasan, pemahaman serta pengetahuan, sikap dan ketrampilan dibidang lingkunagn hidup.

Selain itu, diklat ini untuk mewujudkan pemuda di bidang lingkungan hidup yang berkarakter, berkapasitas, mandiri dan berdaya saing.

Terakhir, diklat ini untuk meningkatkan jumlah pemuda yang memiliki kemampuan, kompetensi dan ketrampilan serta kualitas personal dibidang lingkungan hidup.

(Tribunjakarta.com)

Kemenpora Lingkungan hidup Diklat


Loading...