Cerita 2 Gadis Harus Daki Gunung dan Panjat Pohon Demi Kuliah Online

Cerita 2 Gadis Harus Daki Gunung dan Panjat Pohon Demi Kuliah Online
Tribunnews.com
Editor: Malda Hot News —Jumat, 28 Agustus 2020 14:50 WIB

Terasjabar.id - 

Dua gadis kakak-beradik di bagian barat Republik El Salvador setiap hari harus mendaki gunung, lalu memanjat pohon zaitun untuk mendapatkan sinyal. Semua dilakukan semata-mata agar dapat mengakses pelajaran online mereka di perguruan tinggi.

Seperti dilansir AFP, Jumat (28/8/2020) ribuan warga El Salvador yang tinggal di daerah pedesaan menghadapi kondisi yang sama sejak Maret, ketika pihak berwenang menutup sekolah dan universitas untuk menghentikan penyebaran virus Corona.

Sangat sulit mendapatkan sinyal telepon yang kuat untuk mengakses internet di wilayah El Tigre, dekat perbatasan Guatemala, tempat dua saudari itu, Matilde dan Marlene Pimentel tinggal.


Dua gadis El Salvador panjat pohon zaitun demi sinyal (AFP Photo)

Foto: Dua gadis El Salvador panjat pohon zaitun demi sinyal (AFP Photo)


"Bagi kebanyakan dari kami yang tinggal di daerah pedesaan sulit (untuk belajar). Tidak ada koneksi (internet)," kata Matilde (22) yang mengambil studi matematika di perguruan tinggi, kepada AFP.

Dia bergabung dalam petualangan hariannya dengan Marlene yang berusia 19 tahun, yang mengambil jurusan statistik.


Anak ketujuh dan kedelapan dari 10 bersaudara ini ingin menjadi anggota pertama dalam keluarga mereka yang lulus dari Universitas Negeri El Salvador.

Kisah menyentuh mereka terungkap ketika polisi Castro Ruiz menemukan Matilde saat berpatroli di gunung El Tigre.

"Kesan pertama saya adalah sesuatu telah terjadi padanya," kata Ruiz kepada AFP. Ketika dia bertanya apa yang terjadi, jawabannya mengejutkannya: "Saya hanya ingin belajar."

Tersentuh oleh "cerita positif" seperti itu, petugas itu mengambil fotonya dan mempostingnya di Facebook, yang kemudian menjadi viral.


Untuk diketahui, wilayah El Salvador terbagi hampir setengahnya oleh gunung berapi yang mengganggu sinyal ponsel.

Menurut Status Internet Dunia, hampir 60 persen dari 6,6 juta penduduk El Salvador menggunakan internet.

Menurut laporan UNICEF, pandemi virus Corona telah menyebabkan 463 juta anak di seluruh dunia tidak dapat menghadiri kelas online.(Detik.com)

Sekolah Online Gunung Pohon Belajar Online


Loading...