Kemenpora dan KONI Secara Resmi Mengaku Esports Sebagai Cabang Olahraga Prestasi di Indonesia

Kemenpora dan KONI Secara Resmi Mengaku Esports Sebagai Cabang Olahraga Prestasi di Indonesia
(Rmol.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 28 Agustus 2020 09:51 WIB

Terasjabar.id – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) secara resmi mengakui Esports sebagai cabang olahraga prestasi di Indonesia.

Dengan begitu, Esport akan disertakan pada pertandingan-pertandingan resmi tingkat nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON).

Penetapan ini dilakukan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Pusat 2020 virtual pada 25-27 Agustus 2020. Dalam acara itu, pemerintah juga menyetujui PB Esports Indonesia (PB ESI) sebagai satu-satunya badan resmi yang menaungi Esports sebagai sebuah olahraga prestasi di Indonesia di bawah KONI.

Ketua Harian PB ESI Komjen. Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum menyampaikan, Esports layak menjadi sebuah cabang olahraga karena menggunakan tenaga manusia berupa kecepatan, ketangkasan, dan strategi seperti pada olahraga umumnya.

“Alasan lainnya adalah karena esports sudah banyak dipertandingkan baik dalam event nasional atau pun internasional, termasuk di Asian Games 2018 dan SEA Games 2019,” tuturnya.

KONI Pusat menyatakan dukungannya terhadap Esports Indonesia, dan berharap olahraga baru ini bisa menghadirkan prestasi-prestasi yang membanggakan.

"KONI mendukung penuh perkembangan Esports di Indonesia. Semoga di bawah naungan PB ESI, atlet dan tim Esports Indonesia bisa menciptakan prestasi di tingkat internasional dan mengharumkan nama bangsa," ujar Sekjen KONI Pusat Ade Lukman.

Esports adalah game interaktif dan kompetitif pada media elektronik seperti komputer, console, telepon seluler, dan sebagainya. Indonesia memiliki potensi pasar yang besar untuk game dan Esports.

Riset Pokkt Decision Lab dan Media Marketing Association mengungkapkan bahwa ada 60 juta pemain game mobile di Indonesia, dan diperkirakan mencapai angka 100 juta di tahun 2020 ini.

Potensi Indonesia untuk berjaya di olahraga ini cukup besar. Tercatat, beberapa tim asal Indonesia pernah menjuarai kompetisi tingkat dunia, antara lain EVOS Esports pada ajang M1 World Championship, dan Bigetron Esports yang menjuarai kompetisi PUBG Mobile Club Open Fall Spit Global Finals 2019.

Disadur dari iNews.id

Kemenpora KONI Esports Cabang Olahraga Prestasi


Loading...