Presiden Joko Widodo Akan Bertolak Ke Yogyakarta, Direncanakan akan Resmikan YIA Hingga Serahkan Banpres

Presiden Joko Widodo Akan Bertolak Ke Yogyakarta, Direncanakan akan Resmikan YIA Hingga Serahkan Banpres
(Laily Rachev/Biro Pers Sekretariat Presiden Via Merdeka.com)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 28 Agustus 2020 09:43 WIB

Terasjabar.id - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bertolak ke Yogyakarta dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekira pukul 08.30 WIB menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut direncanakan akan meresmikan Yogyakarta International Airport (YIA) disertai dengan pengoperasian menara Airnav Indonesia dan sistem peringatan dini tsunami.

Selanjutnya, selepas menjalankan ibadah salat Jumat, Jokowi juga akan menyerahkan Banpres Produktif Usaha Mikro kembali di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta.

Turut serta dalam penerbangan menuju DIY di antaranya ialah Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.

Sebelumnya diketahui, Bandara Internasional Yogyakarta atau biasa juga disebut YIA, difungsikan untuk menggantikan Bandara Internasional Adisutjipto yang kapasitasnya lebih kecil dalam menampung pesawat.

Seluruh penerbangan dari dan menuju ke Bandara Adisutjipto dialihkan ke bandara baru ini. Pengalihan itu rencananya akan dilakukan pada 29 Maret 2020. Sementara Bandara Adisutjipto rencananya hanya akan melayani penerbangan domestik dengan pesawat baling-baling.

YIA berdiri di atas tanah 600 hektar dan pembangunannya menelan biaya Rp6 triliun. Untuk menampung jumlah penumpang yang banyak, terminal bandara ini dibangun dengan luas 106.500 meter persegi dan dapat menampung 10 juta penumpang per tahun.

Bandara itu juga memiliki hanggar seluas 371.125 meter persegi yang sanggup menampung maksimal 28 unit pesawat. Berikut ini adalah potret terbaru Bandara Internasional Yogyakarta yang akan beroperasi penuh akhir Maret ini.

Disadur dari Merdeka.com 

Presiden Jokowi Peresmian YIA Sistem Peringatan Dini Tsunami


Loading...