Dibuka 10 September, GPBSI Menunggu SK yang Diterbitkan Pemprov DKI Jakarta Terkait Izin Pembukaan Bioskop di Wilayah Ibu Kota

Dibuka 10 September, GPBSI Menunggu SK yang Diterbitkan Pemprov DKI Jakarta Terkait Izin Pembukaan Bioskop di Wilayah Ibu Kota
Ilustrasi (Minews ID : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 27 Agustus 2020 09:40 WIB

Terasjabar.id - Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) menunggu surat keputusan (SK) yang diterbitkan Pemprov DKI Jakarta terkait izin pembukaan bioskop di wilayah Ibu Kota. Nantinya, jika SK itu terbit dalam dua hari ke depan, bioskop akan kembali buka pada 10 September 2020 mendatang.

"Kalau keluar SK satu atau dua hari ini, dari situ kita tarik satu Minggu atau 10 hari, 10 September. Tapi kalau SK enggak keluar-keluar, enggak bisa," kata Ketua GPBSI Djonny Syafruddin saat dihubungi, Kamis (27/8/2020).

Dia menjelaskan, pihaknya tak langsung bisa membuka bioskop setelah SK terbit karena harus menyiapkan protokol kesehatan dan pendistribusian film. Hal tersebut memerlukan waktu agar nantinya pembukaan tempat hiburan tak menjadi lokasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

"Kita butuh persiapkan protokol, persiapkan film yang akan didistribusikan ke seluruh Indonesia. Bukan Jakarta saja, nanti film akan didistribusikan ke daerah-daerah, perlu waktu itu," ujarnya.

Dia mengaku akan mematuhi segala persyaratan yang tertuang di dalam SK tersebut. Sebab, dengan menjalani aturan, maka dapat menekan tingkat penularan Covid-19.

"Kita nanti ikuti saja," kata dia.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menegaskan dalam waktu dekat bioskop dan cinema di wilayah DKI Jakarta akan segera dibuka. Pembukaan ini merujuk pada studi dan kajian para pakar dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Kementerian Kesehatan dan Kementerian Parekraf.

“Pembicaraan sudah berlangsung dan para pelaku juga sudah dalam posisi bersiap karena selama beberapa waktu ini terutama sejak bulan Juni sesudah DKI memasuki masa transisi,” ungkap Anies saat konferensi pers tentang pembukaan bioskop di DKI Jakarta pada masa pandemi Covid-19 di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta, kemarin.

Bahkan, Anies mengatakan, pembicaraan dengan penyedia bioskop pun telah dilakukan untuk persiapan pembukaannya. Namun, keputusan pembukaan bioskop masih harus dilihat kondisi persiapan dari pelaku sektor ini.

“Para pelaku di sektor ini pun sudah berkomunikasi dekat untuk membahas tentang persiapannya. Kami selalu garis bagi pada mereka, bahwa persiapan silakan dilakukan. Tapi keputusan mengenai pembukaan nanti kita melihat kondisi Jakarta. Dan juga kita melihat bagaimana kesiapan di pelaku untuk mengeksekusinya,” kata Anies.

Anies pun menegaskan bahwa pembukaan bioskop di Jakarta akan dibuka dalam waktu dekat. “Jadi kesimpulan dari pertemuan tadi adalah dalam waktu dekat ini kegiatan bioskop di Jakarta akan kembali dibuka,” tegasnya.

Disadur dari Okezone.com 

Pandemi Virus Corona Pemprov DKI Jakarta Bioskop GPBSI


Loading...