Sejumlah Nakes Terpapar Virus Corona, Satgas Tengah Melakukan Pelacakan Pasca Penutupan Puskesmas Kedungkandang Malang

Sejumlah Nakes Terpapar Virus Corona, Satgas Tengah Melakukan Pelacakan Pasca Penutupan Puskesmas Kedungkandang Malang
(Avirista Midaada/Okezone : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 25 Agustus 2020 10:45 WIB

Terasjabar.id - Satgas tengah melakukan pelacakan pasca penutupan Puskesmas Kedungkandang, Kota Malang, akibat adanya sejumlah tenaga kesehatan (Nakes) terpapar Covid-19.

"Hari ini masih melakukan pembagian tracing internal di karyawan puskesmas. Ada sekitar 64 atau 66 orang, itu di-tracing semuanya," ujar Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Malang dr. Husnul Muarif saat dikonfirmasi Senin (24/8/2020).

Nantinya lanjut Husnul, dari tracing atau pelacakan internal akan dipetakan sejumlah tenaga kesehatan dan staf Puskesmas Kedungkandang lainnya yang memiliki risiko terkena Covid-19 karena kontak erat dengan sejumlah tenaga kesehatan yang terpapar.

"Semua dilakukan tracing dulu nanti ada peringkatnya, ada prioritasnya, ini prioritas risiko tertular besar, sedang, ini kecil," ucapnya.

"Nanti, itu kepala puskesmas melakukan tindak lanjut, biasanya screening dulu. Dengan rapid test anti bodi atau rapid test gen, baru nanti dilanjutkan swab," imbuh Husnul.

Hal serupa akan dilakukan kepada masyarakat atau pasien yang datang berobat ke Puskesmas Kedungkandang yang sempat berkontak erat dengan tenaga kesehatan yang bersangkutan. Bila pelacakan internal telah selesai, maka akan dilanjutkan dengan pelacakan atau tracing ke masyarakat.

"Nanti di-tracing dulu bagaimana, tracing di internal karyawan dan keluarga (tenaga kesehatan), nanti untuk masyarakat kita lakukan tracing juga. Seberapa banyak yang kontak dengan masyarakat," tukasnya.

Sebelumnya diberitakan Puskesmas Kedungkandang yang berada di Jalan Ki Ageng Gribig, Kota Malang, terpaksa ditutup lantaran ada tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Puskesmas Kedungkandang dilakukan penutupan operasional selama tiga hari mulai Senin 24 Agustus 2020 - Rabu 26 Augustus 2020, untuk disterilisasi lewat penyemprotan disinfektan ke seluruh ruangan di dua gedung utama puskesmas.

Disadur dari Okezone.com 

Pandemi Virus Corona Puskesmas Kedungkandang Kota Malang Nakes


Loading...