Bocah Dibikin Teler, Fahira: Pelaku Biadab Ini Alhamdulillah Ditangkap!

Bocah Dibikin Teler, Fahira: Pelaku Biadab Ini Alhamdulillah Ditangkap!
Gelora.co
Editor: Malda Hot News —Senin, 24 Agustus 2020 10:47 WIB
Terasjabar.id - Dua pemuda di Luwu Timur, Sulawesi Selatan, yang mencekoki seorang bocah lelaki dengan minuman keras, kabarnya sudah dibekuk polisi. Sekarang mereka sedang diproses hukum untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Tetapi, video yang merekam bocah berjalan sempoyongan sampai jatuh berkali-kali usai diberi beberapa gelas miras oleh para pemuda masih viral di media sosial.

Dalam video yang viral, para pemuda terdengar tertawa terbahak-bahak menyaksikan bocah yang terkena efek alkohol.

Netizen mengecam tindakan para pemuda. Netizen menilai kelakuan mereka betul-betul sudah kurang ajar. Bahkan, juru bicara Menteri Pertahanan, Dahnil Anzar Simanjuntak, sampai ikut mengadukan kasus itu ke komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia Jasra Putra melalui media sosial.

"Pak Komisioner KPAI @jasraputra80 ini sudah sangat keterlalu. Mohon ditindaklanjuti @DivHumas_Polri," kata Dahnil melalui akun @Dahnilanzar.

Senator Jakarta Fahira Idris melalui akun Twitter juga turut mengutuk tindakan para pemuda yang mengerjai bocah itu. Dia bersyukur kalau mereka sudah ditangkap polisi.

"Pelaku biadab ini alhamdulillah sudah ditangkap. #IndonesiaButuhRUUMiras," kata ketua omum organisasi Kebangkitan Jawara dan Pengacara itu melalui akun Twitter @fahiraidris.

Jasra Putra berterimakasih kepada masyarakat, juga kepada Dahnil, yang telah memberikan informasi mengenai peristiwa tersebut. KPAI, kata Jasra Putra, telah berkoordinasi dengan aparat kepolisan terkait. Dia berharap pelakunya bisa segera diproses hukum.

KPAI tidak akan tinggal diam terhadap kasus tersebut. Jasa Putra juga menekankan pentingnya memberikan pendampingan kepada bocah yang jadi korban.

"Kita akan kawal proses hukumnya agar polisi bisa menerapkan UU Perlindungan Anak dan hal yang paling penting juga pendampingan dan rehabilitasi bagi anak korban," kata Jasra Putra.

Dampak miras

Miras yang dikonsumsi anak memicu sejumlah dampak kesehatan. Menurut Hello Sehat, berikut beberapa kemungkinan dampak negatif seorang anak mengonsumsi alkohol:

1. Keracunan alkohol

Ini dapat terjadi apabila mengonsumsi secara berlebihan. Gejalanya termasuk linglung, mual, muntah, sulit bernapas, suhu tubuh menurun drastis, pingsan, kejang, dan kulit jadi membiru.

Dalam beberapa kasus, dampaknya bisa sampai kematian.

2. Kerusakan hati

Alkohol termasuk racun yang harus dikeluarkan oleh hati. Apabila seorang anak mengonsumsi alkohol, hatinya harus bekerja lebih keras untuk membuangnya.

Hal ini dapat membuat hati anak rentan mengalami kerusakan atau sirosis.

3. Gangguan fungsi otak

Bagian otak yang langsung mendapat efek dari alkohol adalah hipokampus. Fungsi dari bagian ini adalah mengatur koordinasi, pergerakan, daya ingat, kemampuan berpikir serta berbahasa.

Paparan alkohol pada otak anak kecil akan mengakibatkan kerusakan serius dan permanen pada sistem saraf pusat.

Pada akhirnya kemampuan anak dalam berpikir, mengingat, serta mengambil keputusan jadi terganggu.[sc/Gelora.co]

Luwu timur Sulawesi Selatan Minuman Keras


Loading...