AKBP Lukman : Musim Kemarau Rawan Kebakaran di Kawasan TNGC

AKBP Lukman : Musim Kemarau Rawan Kebakaran di Kawasan TNGC
Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, S.I.K terjun langsung ke lokasi kebakaran di blok Pejaten Desa Padabenghar Senin (17/08-2020
Editor: Epenz Teras Kuningan —Selasa, 18 Agustus 2020 21:20 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Musim kemarau masyarakat diingatkan agar selalu waspada terhadap bahaya kebakaran, yang kerap terjadi di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) 

Hal itu ditegaskan Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik, S.I.K dilokasi kebakaran lahan hutan di Blok Pajaten Cirendang Desa Padabeunghar Kec Pasawahan Kab Kuningan, Senin (17/8/2020).


Kebakaran tersebut menurut warga setempat terlihat ada asap api sekitar pukul 12.00 WIB tak jauh dari lokasi wisata Kebun Raya Kuningan (KRK).
Kami dari Polres dan Kodim 0615 Kuningan membantu memadamkan kebakaran tersebut. Sekitar 50 anggota Polres Kuningan turut dikerahkan membantu kebakaran hutan, ujarnya.


Kapolres AKBP Lukman Syafri Dandel Malik mengatakan, pihaknya terjun langsung kelokasi kebakaran turut membantu memadamkan api bersama tim gabungan.

Sebanyak 50 personil Polres Kuningan ditambah 9 personil yang menggunakan motor penyemprot, mobil taktis berikut alat penyemprotnya dan alat pemukul api. Tim gabungan pemadam kebakaran terdiri TNI-Polri, petugas TNGC, BPBD, Dinas Kehutanan, Polsek dan Koramil Mandirancan, Polsek Pasawahan, masyarakat dan relawan," ujar Kapolres Lukman yang terjun langsung di lokasi kebakaran.


Lahan yang terbakar itu umumnya tidak produktif dan hanya berisi semak belukar. Luas lahan yang terbakar diperkirakan sekitar 14.89 hektar.
Api dapat dipadamkan sekitar pukul 20.35 Wib, terangnya.


Musim kemarau saat ini masih berlangsung dan sumber air umumnya mulai mengering, sehingga rawan terjadi kebakaran, apalagi lahan tersebut berisi semak belukar," imbuh Lukman..

Dikatakan, penyebab kebakaran hingga saat ini belum diketahui dan masih diselidiki. Namun sejauh ini tak ada korban jiwa

Terkait musim kemarau, AKBP Lukman berharap, agar warga selalu waspada. Pasalnya, musim kemarau yang masih terjadi saat ini dapat mengakibatkan tanaman mengering sehingga rawan terjadi kebakaran, ungkapnya.

"Kami setiap saat menghimbau warga, agar waspada akan kebakaran dan tidak membakar sampah sembarangan, terutama pembakaran di lahan hutan mengingat cuaca saat ini sangat panas,” ujarnya.


Amukan 'si jago merah' yang melahap semak belukar dan lahan tidak produktif tersebut, ahirnya berhasil dipadamkan pada pukul 20.35 WIB.

(H WAWAN JR)

Musim Kemarau TNGC Bahaya Kebakaran Kabupaten Kuningan AKBP Lukman


Loading...