Begini Suasana Upacara HUT ke-75 RI di Keraton Kasepuhan Cirebon, Semua Pakai Baju Adat

Begini Suasana Upacara HUT ke-75 RI di Keraton Kasepuhan Cirebon, Semua Pakai Baju Adat
Tribunjabar.id
Editor: Malda Hot News —Senin, 17 Agustus 2020 11:39 WIB

Terasjabar.id - Puluhan abdi dalem mengikuti upacara pengibaran bendera memperingati HUT ke-75 RI di Taman Dewan Daru Keraton Kasepuhan, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Senin (17/8/2020).

Selain abdi dalem, upacara juga diikuti oleh wargi keraton, wargi jati, kemantren, para juru kunci, kaum mesjid, suranengala, paguyuban keluarga pengabdi, masyarakat magersari, dan lainnya.

Putra Mahkota Keraton Kasepuhan, PRA Luqman Zulkaedin, yang menjadi inspektur upacara tampak mengenakan pakaian adat keraton lengkap dengan penutup kepalanya.

Para peserta upacara juga terlihat mengenakan pakaian serupa. Upacara itu berlangsung tampak khidmat.

Dalam amanatnya, Luqman menyampaikan, upacara bendera itu sebagai wujud rasa syukur dalam mengisi kemerdekaan di Keraton Kasepuhan.

"Mengenakan pakaian adat ini merupakan upaya kami untuk melestarikan budaya Indonesia yang adiluhung," kata Luqman Zulkaedin.

Selain itu, ia juga berpesan untuk menjaga silaturahmi persatuan dan kesatuan bangsa.

Ia mengatakan, masyarakat harus mewaspadai berita hoaks karena dikhawatirkan bisa menimbulkan adu domba sesama anak bangsa.

Tak lupa Luqman juga meminta para peserta upacara dan masyarakat luas untuk selalu menghormati tradisi serta budaya bangsa Indonesia.

"Mari bersama-sama memajukan budaya dan pariwisata Indonesia, khususnya Cirebon," ujar Luqman Zulkaedin.

Upacara tersebut juga tampak menerapkan protokol kesehatan. Para peserta upacara terlihat mengenakan masker dan saling menjaga jarak.(Tribunjabar.id




Kemerdekaan Indonesia HUT RI Cirebon


Loading...