Terkait Dihapusnya Game Fortnite, Epic Games Mengajukan Gugatan Kepada Apple dan Google

Terkait Dihapusnya Game Fortnite, Epic Games Mengajukan Gugatan Kepada Apple dan Google
(BBC.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 14 Agustus 2020 13:17 WIB

Terasjabar.id – Menyusul dihapusnya game Fortnite, Epic Games selaku pengembang game mengajukan gugatan kepada Apple dan Google. Gugatan ini diajukan hanya berselang beberapa jam setelah game tersebut diturunkan dari kedua platform pada Kamis (13/8/2020).

Hal ini juga dilanjutkan dengan Epic Games merilis video pendek “Nineteen Eighty-Fornite” untuk mengolok-olok Apple.

Mengutip The Verge, Epic Games mengajukan gugatan ini dengan dasar merasa pembatasan pembayaran – pengguna tidak boleh melakukan pembelian langsung dalam game – dianggap sebagai monopoli. Menurutnya, baik Apple mapun Google dianggap telah melanggar Undang-Undang Sherman dan Undang-Undang Cartwright California.

Dilaporkan CNET, dalam gugatan untuk Apple, Epic Games beranggapan bahwa perusahaan itu telah menjadi perusahaan yang kuat dan mengontrol pasar. Ini dianggap menghalangi inovasi yang diciptakan akibat pembatasan tersebut.

“Apple lebih besar, lebih kuat, lebih berakar, dan lebih merusak daripada monopoli di masa lalu. Ukuran dan jangkauan Apple jauh melebihi monopoli teknologi mana pun dalam sejarah,” ucap Epic dalam gugatan, dikutip CNET.

Sementara itu untuk Google, Epic Games beranggapan mereka telah mengingkari janji yang dibuat untuk menyediakan ekosistem terbuka. Sebelumnya ini ditandai dengan motto Google yang berbunyi “Don’t Be Evil” dan kini motto tersebut dianggap telah luntur setelah dua puluh tahun.

“Terlepas dari janjinya untuk membuat perangkat Android terbuka untuk persaingan, Google telah membangun batasan kontraktual dan teknologi yang menutup cara bersaing dalam mendistribusikan aplikasi ke pengguna Android, memastikan bahwa Google Play Store menyumbang hampir semua unduhan aplikasi dari toko aplikasi di perangkat Android,” ucap Epic Games dalam gugatan, dikutip The Verge.

Epic Games mengajukan gugatan terhadap Apple dan Google, namun pada kasusnya kedua perusahaan itu tidak dapat disamakan. Sebagaimana yang diketahui, Google memiliki batas pedoman yang lebih fleksibel dibandingkan Apple. Sebelumnya juga Google telah mengizinkan Epic Games untuk memasang aplikasi pihak ketiga mereka di Play Store.

Gugatan Epic Games kali ini bukanlah yang pertama. Dilaporkan CNET, Epic Games juga pernah menghadapi perdebatan publik dengan koleganya pada 2018. Hal ini terjadi lantaran perusahaan pengembang game meminta pemain mengunduh Fortnite langsung dari situs mereka, ketimbang melalui Google Play Store.

Disadur dari Okezone.com 

Game Fortnite Apple Google Epic Games


Loading...