Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Kembali Erupsi, Semburkan Kolom Abu Setinggi 2.100 Meter Jumat Siang Ini

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Kembali Erupsi, Semburkan Kolom Abu Setinggi 2.100 Meter Jumat Siang Ini
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 14 Agustus 2020 11:34 WIB

Terasjabar.id - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali erupsi pada Jumat (14/8/2020) pukul 10:30 WIB. Letusan ini menyemburkan kolom abu setinggi 2.100 meter di atas puncak atau kurang lebih 4.560 meter dari atas permukaan laut (mdpl).

Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah tenggara dan selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 64 mm dan durasi ± 1 menit 40 detik.

"Saat ini Gunung Sinabung berada pada Status Level III (Siaga)," tulis PVMVG Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung dalam keterangannya, Jumat (14/8/2020).

Terkait letusan ini, PVMBG mengeluarkan empat rekomedasi. Pertama, masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur an 4 km untuk sektor timur-utara.

Kedua, hika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker saat keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanis. Kemudian mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah yang lebat agar tidak roboh.

Ketiga, masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Disadur dari iNews.id

Gunung Sinabung Erupsi Sumatera Utara BMKG


Loading...