Kawasan Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara Diusulkan ke Kemenparekraf Jadi Objek Wisata Nasional, Beberapa Spot Wisata Bakal Dikembangkan

Kawasan Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara Diusulkan ke Kemenparekraf Jadi Objek Wisata Nasional, Beberapa Spot Wisata Bakal Dikembangkan
(iNstagram Via iNEws.id)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 14 Agustus 2020 11:14 WIB

Terasjabar.id - Kawasan Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, diusulkan menjadi objek wisata nasional ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Beberapa spot wisata yang bakal dikembangkan di antaranya trekking gunung, khususnya untuk wisatawan yang senang pendakian dan petualangan.

"Kawasan objek wisata Gunung Soputan akan terus di kembangkan. Kami dari pemkab berencana untuk mengusulkan kawasan ini menjadi objek wisata nasional," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sartje Taogan di Ratahan, Kamis (13/8/2020).

Dia menambahkan, Pemkab Minahasa Tenggara telah membentuk tim yang terdiri atas sejumlah instansi teknis untuk melakukan pengembangan kawasan.

"Kami sangat serius untuk mengembangkan wilayah sekitar Gunung Soputan. Hari ini tim bersama Dinas PU sudah turun ke lokasi untuk menentukan area yang bakal dijadikan lokasi pengembangan wisata gunung,” katanya.

Pengembangan tersebut sangat mendesak untuk dilakukan karena area sekitar wilayah Gunung Soputan merupakan kawasan hutan lindung.

“Seperti yang dikatakan Bupati James Sumendap, untuk pengembangan di wilayah tersebut perlu izin. Makanya kami saat ini berkonsultasi dengan Kehutanan, dalam hal ini Badan Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH) Wilayah Enam Manado,” ucapnya.

Konsultasi tersebut terkait dengan penentuan koordinat yang akan dijadikan pengembangan wisata gunung.

“Sesuai instruksi, Pak Bupati juga meminta kami untuk menyurat ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Sebab sesuai rencana ada delapan spot wisata di kaki Gunung Soputan yang akan kami siapkan untuk jadi kawasan wisata gunung,” katanya.

Selain treking dan pendakian gunung, ada juga jalur off road untuk kendaraan baik roda dua dan empat bagi wisatawan yang hobi petualangan serta otomotif.

Kemudian fasilitas wisata, seperti gazebo, rest room dan tempat ganti, begitu juga spot untuk atraksi, seperti paralayang di siang hari serta balon udara saat malam. Selanjutnya spot rekreasi lain untuk swafoto, ayunan dan lainnya.

Disadur dari iNews.id

Kawasan Gunung Soputan Kabupaten Minahasa Tenggara Sulawesi Utara Objek Wisata Nasional Kemenprarekraf


Loading...