Apple Memiliki Aturan yang Cukup Kekat dalam Segi App Store, Apple Hapus Fortnite

Apple Memiliki Aturan yang Cukup Kekat dalam Segi App Store, Apple Hapus Fortnite
(Grid.ID : Google)
Editor: Epenz Teras Techno —Jumat, 14 Agustus 2020 09:34 WIB

Terasjabar.id - Apple memiliki aturan yang cukup ketat dalam segi App Store. Akibatnya, developer yang menginginkan aplikasi di ekosistem iOS harus menghormati kebijakan Apple.

Epic Games tampaknya melanggar kebijakan Apple, sehingga perusahaan menghapus Fortnite dari App Store. Epic Games hari ini memperkenalkan sistem pembeliannya sendiri untuk Fortnite di Android dan iOS, sebagaimana dikutip dari Phone Arena. 

Sistem pembelian ini akan mengurangi biaya Apple dan Google sebesar 30 persen di setiap pembelian yang dilakukan lewat toko aplikasinya. Perusahaan mengumumkan diskon permanen untuk V-buck, mata uang dalam game yang digunakan Fortnite untuk membeli cosmetic dan pembelian tunai lainnya dalam game hingga 20 persen.

Dalam sebuah pernyataan, Epic Games mengatakan, ini adalah harga baru untuk mata uang Fortnite di seluler karena memperkenalkan sistem pembeliannya sendiri yang tidak akan melalui App Store atau Google Play Store. Artinya, Epic Games tidak lagi membayar biaya 30 persen untuk setiap transaksi yang dilakukannya di Fortnite melalui App Store atau Play Store.

Dengan demikian, perusahaan memutuskan untuk menawarkan apa yang akan dibayarkan kepada Apple dan Google kepada para pemain dalam bentuk diskon permanen untuk V-buck. Sayangnya, langkah tersebut tetap tidak disetujui oleh Apple karena perusahaan memutuskan menghapus Fortnite sepenuhnya dari App Store beberapa jam usai Epic Games menambahkan sistem pembeliannya ke dalam game.

Cara Epic Games memutuskan untuk menghindari biaya App Store mungkin membuat geram beberapa orang di Apple, yang memutuskan untuk menunjukkan sebaliknya. Dalam pernyataan untuk The Verge, Apple mengklaim alasan menghapus Fortnite dari App Store adalah karena Epic Games meluncurkan pembaruan untuk game tersebut tanpa mendapatkan izin dari Apple.

Pernyataan Apple juga menyebutkan tidak akan ada negosiasi dengan Epic Games. Bila pengembang tidak mematuhi aturan App Store, Fortnite tidak akan kembali ke toko iOS. Apple juga menyatakan, tidak ada ruang untuk pengecualian. Jadi, keputusan Epic Games yang melanggar syarat dan pedoman App Store akan ditolak.

Disadur dari iNews.id

Apple Fortnite Android App Store iOS


Loading...