Kronis Gizi dan Gizi Buruk Di 5 Desa Kecamatan Selajambe

Kronis Gizi dan Gizi Buruk Di 5 Desa Kecamatan Selajambe
Kronis Gizi dan Gizi Buruk Di 5 Desa Kecamatan Selajambe
Editor: Epenz Teras Kuningan —Jumat, 14 Agustus 2020 09:29 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Kronis gizi atau gizi buruk adalah asupan makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi, yang mengakibatkan perkembangan otak tidak maksimal, maka praktis akan menghambat mental sehingga anak sulit untuk belajar.


Hal itu disampaikan Ketua TP-PKK Kab Kuningan saat berlangsung Koordinasi, Konvergensi Lintas Program dan Lintas Sektor dalam upaya penanggulangan Stunting Kab Kuningan Tahun 2020 wilayah Kuningan Selatan dipusatkan di Balai Desa Selajambe Kecamatan setempat Kamis (13/08-2020).


Dalam upaya peningkatan kesehatan, ada 9 pesan dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) antara lain, memberi asupan makanan beragam, memeriksa hamil 4 X selama kehamilan, menyusui dini/memberi ASi eksklusif selama 6 bulan hingga dua tahun, terang Hj Ika. Lakukan timbang berat badan bayi secara rutin setiap bulan, imunisasi wajib, memberi gizi dan makanan pendamping ASI bertahap selama 6 bulan, agar pertumbuhan bayi terhindar dari kronis gizi, paparnya.


Hal senada disampaikan dr Hj Susi Lusiyanti, M.Si Kadis Kesehatan Kab Kuningan dengan harapan, ketahanan pangan perlu dijaga dan masyarakat perlu diedukasi. Baik langsung maupun tidak langsung perkembangan bayi kata Hj Susi mengalami fase penting, baik golden age dan golden periode, ujarnya.

Lebih jauh Hj Susi menjelaskan, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan koordinasi dan mengoptimalkan upaya strategi penanganan Stunting di Kab Kuningan, termasuk salah satunya sasaran 23 anak Stunting di 5 lokus Desa di Wilayah Kec Selajambe, ujarnya.


Kegiatan diikuti 150 Orang peserta dihadiri pula Wakil Ketua TP. PKK, Ketua DWP, Camat Selajambe, Subang dan Cilebak, Danramil Subang dan Kapolsek Selajambe, Kepala Puskesmas (Selajambe, Subang & Cilebak), Kepala UPT Pendidikan, UPT Pertanian, UPT P5A Subang, Ketua Pokjanal Posyandu TP. PKK Desa dan Kec Selajambe, Kades se-Kec Selajambe, Bidan Koordinator UPTD Puskes, Tenaga Pelaksana Gizi dan 50 orang perwakilan Ibu Hamil KEK, Ibu Baduga Stunting, Gizi Buruk dan kurang dari 5 Desa Lokus Stunting di Kec Selajambe.


Usai acara ditandai pemberian bantuan Telor dan Susu bagi Ibu Baduga Stunting, Pemberian PMT bagi Ibu Hamil, dan bagi Baduga Stunting. Selain itu, bantuan APD dibagi Nakes di 3 Puskesmas, serta pembagian masker.

(H WAWAN JR)

Kronis Gizi Gizi Buruk Kecamatan Salajambe Kabupaten Kuningan


Loading...