Berikut Cara Membuat Cilok Kuah Goang, Tambah Cabainya Bila Anda Suka Pedas

Berikut Cara Membuat Cilok Kuah Goang, Tambah Cabainya Bila Anda Suka Pedas
Ilustrasi (Merdeka.com : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Kamis, 13 Agustus 2020 14:07 WIB

Terasjabar.id - Cilok menjadi salah satu camilan populer yang terkenal di Bandung. Makanan yang mirip dengan bakso ini memiliki tekstur kenyal dan lembut.

Cilok disantap secara langsung atau dimakan dengan tambahan kuah. Terutama bagi Anda yang menyukai rasa pedas. Kali ini, Anda bisa berkreasi membuat cilok goang kuah dengan tambahan 20 cabai rawit hijau.

Untuk membuat cilok goang kuah ini juga sangat mudah. Anda hanya membutuhkan beberapa bahan-bahan seperti tepung tapioka, terigu, merica bubuk, dan lainnya.

Ingin tahu resep lengkap dan cara membuat cilok kuah Goang? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @lisna_lisnawati71, Kamis (13/8/2020).



Bahan Cilok :

200 gr tepung tapioka (aci)
50 gr tepung terigu
1 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
2 batang daun seledri iris halus
220 mil air panas mendidih


Cara Membuat :

1. Dalam wadah, masukkan tepung tapioka, tepung terigu, kaldu bubuk, merica bubuk, garam dan daun seledri aduk, lalu tambahkan air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk dengan spatula.
2. Aduk lanjutkan dengan tangan, hati-hati karena adonan panas, aduk hingga kalis dan tidak lengket di tangan.
3. Setelah adonan kalis, lalu ambil sedikit adonan bentuk bulat dan beri isian sesuai selera, lakukan hingga adonan habis.
4. Siapkan panci, masukkan air secukupnya beri 2 sdm minyak goreng agar cilok pada waktu direbus tidak lengket satu sama lain. Aduk dan masak hingga mendidih, setelah mendidih masukkan cilok, masak hingga mengapung. Ini menjadi pertanda berarti ciloknya sudah matang, angkat dan tiriskan.


Bahan Kuah:

20 cabai rawit hijau/sesuai selera
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
2 ruas kencur
1 sdt kaldu bubuk
1/2 sdt garam
1/2 sdt penyedap rasa
2 batang daun bawang iris tipis
650 mil air


Cara Membuat :

1. Uleg : cabai rawit, duo bawang dan kencur, lalu tumis hingga harum sisihkan.
2. Dalam panci masukkan air. Masak hingga mendidih, setelah mendidih, masukkan bumbu halus yang telah ditumis, garam, penyedap rasa dan kaldu bubuk, aduk rata.
3. Kemudian masukkan cilok, masak hingga meresap kurang lebih 15 menit, beri irisan daun bawang, aduk sebentar lalu angkat.
4. Sajikan selagi hangat, beri kucuran air jeruk limau di atasnya.

Disadur dari iNews.id

Cilok Cilok Kuah Goang Resep Cara Membuat


Loading...