Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Sumut 2 Kali Erupsi, Ketinggian Kolom Abu 2.000 Meter

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo Sumut 2 Kali Erupsi, Ketinggian Kolom Abu 2.000 Meter
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 13 Agustus 2020 10:56 WIB

Terasjabar.id - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali erupsi, Kamis (13/8/2020) pukul 08:31 WIB. Ketinggian kolom abu kurang lebih 2.000 m di atas puncak.

Erupsi kedua ini abu teramati berwarna kelabu hingga cokelat dengan intensitas sedang sampai tebal condong ke arah timur dan tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 20 mm dan berdurasi ± 17 menit 15 detik.

"Saat ini Gunung Sinabung berada pada Status Level III Siaga dengan rekomendasi masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi," tulis PVMVG dalam keteranan tertulisnya, Kamis (13/8/2020).

Selain itu juga di lokasi radius 3 km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak gangguan kesehatan. Kemudian mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanis yang lebat agar tidak roboh.

Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Sebelumnya erupsi terjadi pada pukul 06.07 WIB dengan ketinggian kolom abu kurang lebih 1.000 meter.

Disadur dari iNews.id

Gunung Sinabung Erupsi Kabupaten Karo Sumatera Utara


Loading...