Gunung Sinabung Sumatera Utara Kembali Erupsi, BMKG Sebut Level Siaga

Gunung Sinabung Sumatera Utara Kembali Erupsi, BMKG Sebut Level Siaga
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 13 Agustus 2020 08:25 WIB

Terasjabar.id - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis data erupsi yang kembali terjadi di Gunung Sinabung, Sumatera Utara, Rabu (13/8/2020) pukul 06.07 WIB. Berdasarkan pengamatan, kolom abu mencapai ketinggian sekitar 1.000 meter di atas puncak.

BMKG menyebut kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas sedang condong ke arah timur, tenggara, dan selatan. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 15 mm dan durasi sekitar 11 menit 59 detik.

Masyarakat diminta waspada karena level Gunung Sinabung saat ini Level III/Siaga. Rekomendasi bagi masyarakat di antaranya yakni tidak melaksanan aktivitas di desa yang sudah di relkokasi.

Masker juga wajib dikenakan jika keluar rumah untuk menghindari dampak dari abu vulkanik. Bagi yang tinggal di dekat sungai juga diminta waspada potensi lahar.

Berikut ini imbauan lengkap BMKG:

1. Masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius radial 3 km dari puncak G.Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.
2. Jika terjadi hujan abu, masyarakat dihimbau memakai masker bila keluar rumah untuk mengurangi dampak kesehatan dari abu vulkanik. Mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang lebat agar tidak roboh.
3. Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di G. Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Disadur dari iNews.id

Gunung Sinabung Erupsi Sumatera Utara BMKG


Loading...