Advertisement

Puskesmas di Kota Wamena Mulai Menghidupkan Kembali Pelayanan Kesehatan di Sejumlah Posyandu, Bertempat di Gereja Polres

Puskesmas di Kota Wamena Mulai Menghidupkan Kembali Pelayanan Kesehatan di Sejumlah Posyandu, Bertempat di Gereja Polres
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 12 Agustus 2020 15:01 WIB

Terasjabar.id - Puskesmas di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, mulai menghidupkan kembali pelayanan kesehatan di sejumlah posyandu. Fasilitas pemeriksaan balita dan ibu hamil ini rencananya bertempat di gereja polres.


Penanggungjawab Gizi dan Posyandu Puskesmas Wamena Kota, Eliya Tahapary mengatakan, pelayanan kesehatan posyandu sempat terhenti akibat pandemi Covid-19 sejak April 2020 lalu.

"Mulai April kami pending. Tapi untuk imunisasi dan pemeriksaan ibu hamil tetap berjalan," kata Ellya di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Rabu (12/8/2020).

Dia mengatakan, puskesmas merencanakan pada Agustus pelayanan di sembilan posyandu yang berada di pusat kota mulai buka kembali. Namun tidak sama seperti sebelumnya, yang berlangsung di masing-masing posyandu.


"Ada sembilan posyandu yang kami mau kumpulkan di satu tempat. Rencana kami akan koordinasi dengan pihak gereja polres untuk gunakan halaman mereka," ujar dia.

Sementara untuk posyandu di zona aman penularan Covid-19, kata dia, tetap buka sesuai jadwal, setiap Selasa dan Jumat. Pelayanannya meliputi imunisasi, timbang, dan ukur tinggi badan, pemberian vitamin, obat cacing, dan pemeriksaan ibu hamil.

Selama lima bulan pelayanan posyandu di pusat kota berhenti sementara akibat pandemi Covid-19. Kondisi ini membuat penanganan stunting di daerah tersebut tidak optimal.

"Kegiatan posyandu yang lama tidak terlaksana ini, kami kehilangan data penanganan 'stunting' (kekerdilan) yang berjalan Januari, Februari, dan Maret," katanya.


Disadur dari iNews.id

Puskesmas Kabupaten Jayawijaya Posyandu Pelayanan Kesehatan Pandemi Virus Corona


Related Post



Loading...