Presiden Donald Trump Sudah Menyiapkan Rencana Pemblokiran Aplikasi TikTok, Perusahaan AS Dilarang Iklan

Presiden Donald Trump Sudah Menyiapkan Rencana Pemblokiran Aplikasi TikTok, Perusahaan AS Dilarang Iklan
Ilustrasi (Pikiran Rakyat Cirebon : Google)
Editor: Epenz Teras Techno —Rabu, 12 Agustus 2020 13:41 WIB

Terasjabar.id - Presiden AS, Donald Trump sudah menyiapkan rencana pemblokiran aplikasi TikTok. Keputusan itu akan dieksekusi jika ByteDance tak melepas TikTok kepada perusahaan AS.

Dikutip dari CNBC, Rabu (12/8/2020), dokumen Gedung Putih menunjukkan skenario larangan total terhadap TikTok. Perusahaan-perusahaan AS nantinya dilarang bertransaksi, termasuk beriklan di platform berbagi video tersebut,.

Sejumlah faktor kunci bisnis TikTok dimatikan sehingga operasional dan pendanaan perusahaan di AS berhenti. Pemblokiran itu beralasan aplikasi tersebut mencuri data pribadi warga AS.

“Transaksi yang dilarang mencakup, contohnya akses aplikasi TikTok di app store, memasang iklan di TikTok, dan layanan lainnya yang terkait akses mengunduh TikTok ke perangkat pengguna,” tulis aturan dalam dokumen itu.

Sumber CNBC di Gedung Putih membenarkan keaslian dokumen tersebut. Sementara TikTok enggan mengomentari isi dokumen.

Sejumlah pakar teknologi menyoroti pemblokiran TikTok di app store, baik android maupun iOS, akan mematikan aplikasi tersebut.

"Itu akan membunuh bisnis TikTok di AS. Jika mereka ingin berkembang, aturan-aturan ini menjadi rintangan besar," ujar James Lewis, ahli keamanan siber CSIS.

Disadur dari iNews.id

Presiden AS Aplikasi TikTok Pemblokiran


Loading...