Depok Rawan Terjadi Penularan Virus Corona, Diapit Oleh 4 Wilayah

Depok Rawan Terjadi Penularan Virus Corona, Diapit Oleh 4 Wilayah
(iNews/ Iyung Rizki : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 12 Agustus 2020 12:12 WIB

Terasjabar.id - Salah satu penyebab warga Depok rawan terjadi penularan virus corona (Covid-19) dinilai karena letak geografis kota tersebut berbatasan langsung dengan DKI Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Bogor. Faktor lainnya, yaitu warga Depok yang bersifat commuter.


Wali Kota Depok Mohammad Idris mengatakan, sebanyak 1 juta lebih masyarakat Depok mencari nafkah di Jakarta dan sekitarnya dengan rata-rata usia produktif.

"Kota Depok di sebelah utara berbatasan dengan Tangerang Selatan dan Jakarta Selatan. Sebelah timur berbatasan dengan Kota Bekasi dan sebelah barat dan selatan berbatasan dengan Kabupaten Bogor. Dengan demikian, secara geografis rawan terjadi penularan,” ujar Idris di Depok, Rabu (12/8/2020).

Dia menuturkan, keberadaan sejumlah pabrik di Kota Depok juga menjadi faktor yang mendongkrak angka penularan. Sebanyak 60 persen, kata dia karyawan pabrik merupakan warga luar Depok.

Selain itu, kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 juga semakin berkurang. Menurutnya, sekarang suasana seperti kembali normal.

Dia berharap ada kebijakan bersama antara pusat dan kepala daerah di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) dalam menghadapi situasi saat ini.

"Dengan adanya kebijakan ini agar bisa terintegrasi percepatan penanganan Covid-19, sehingga menjadi tanggung jawab bersama. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan keselamatan," katanya.


Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus corona Kota Depok Jawa Barat


Loading...