Selandia Baru Kembali Dalam Kondisi Siaga Wabah Virus Corona Setelah 3 Bulan Nihil Kasus, Terjadi Panic Buying ??

Selandia Baru Kembali Dalam Kondisi Siaga Wabah Virus Corona Setelah 3 Bulan Nihil Kasus, Terjadi Panic Buying ??
(AFP Via iNews.id)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 12 Agustus 2020 09:12 WIB

Terasjabar.id - Selandia Baru kembali dalam kondisi siaga wabah virus corona setelah 102 hari negara itu bebas dari kasus infeksi. Negara itu kembali menerapkan lockcown di Kota Auckland sejak Rabu (12/8/2020).

Bukan hanya itu, Perdana Menteri Jacinda Ardern memutuskan menunda pembubaran parlemen sebagai syarat dilakukannya pemilihan umum. Pemilu Selandia Baru seharusnya digelar pada 19 September. Menurut Ardern jadwal pelaksanaan pemilu mungkin akan terpengaruh jika wabah tidak dapat diatasi.

"Kami sedang meminta nasihat dari Komisi Pemilihan, memastikan semua opsi terbuka bagi kami. Belum ada keputusan," ujar Ardern, dikutip dari AFP.

Dia menambahkan, pihak berwenang sedang melacak siapa saja yang melakukan kontak dengan empat warga Auckland yang dinyatakan positif virus corona. Kasus terbaru di Selandia Baru melibatkan satu keluarga terdiri dari empat orang, namun sumber penularannya tidak diketahui.

Semua warga Auckland diminta tetap tinggal di rumah sampai 3 hari mendatang. Pengumuman itu disampaikan pada Selasa (11/8/2020) malam dan berlaku mulai Rabu siang.

Ardern mengatakan, pejabat kesehatan juga menutup akses semua panti jompo di seluruh Selandia Baru karena berpotensi menjadi titik penularan.

"Saya sadar betapa sulitnya hal ini bagi mereka yang memiliki orang dicintai di fasilitas tersebut, tapi ini merupakan cara terkuat yang bisa kami lakukan untuk melindungi dan merawat mereka," kata Ardern.

Menyusul pengumuman tersebut terjadi panic buying tak hanya di Auckland, tapi juga seluruh Selandia Baru. Warga memenuhi supermarket untuk memborong kebutuhan pokok. Antrean panjang juga terlihat di fasilitas tes virus corona.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menjadikan Selandia Baru sebagai contoh negara yang berhasil mengendalikan wabah Covid-19. Negara Kiwi berpenduduk sekitar 5 juta jiwa itu mengonfirmasi 1.570 kasus virus corona, 22 di antaranya meninggal dunia.

Disadur dari iNews.id

Selandia Baru Pandemi Virus Corona Kota Auck;and


Loading...